Soal Informatika Kelas 7 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman Kurikulum Merdeka

Pemrograman adalah keterampilan yang sangat berharga di era teknologi seperti sekarang. Dengan belajar algoritma dan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman Scratch serta robot manual, kamu bisa mengembangkan kreativitas, pemecahan masalah, dan logika kamu secara menyenangkan.

Mulai dari Scratch, cara belajar pemrograman bisa menjadi lebih mudah dengan tampilan yang interaktif dan menyenangkan. Kemudian, dengan eksplorasi fungsi dasar dan penggunaan algoritma pada robot manual, kamu bisa memahami konsep pemrograman secara lebih mendalam. Jadi, ayo mulai belajar pemrograman dan jelajahi dunia teknologi dengan seru!



Kisi-kisi Soal Informatika Kelas 7 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman

1. Bagaimana cara belajar pemrograman

2. Memahami konsep queue dalam struktur data

3. Memahami konsep variabel dalam pemrograman

4. Bagaimana menggunakan algoritma dalam pemrograman robot manual

5. Memahami konsep abstraksi dalam pemrograman berorientasi objek

6. Apa itu Scratch dan bagaimana cara menggunakannya

7. Memahami konsep rekursi dalam pemrograman

8. Memahami konsep polymorphism dalam pemrograman berorientasi objek

9. Memahami konsep encapsulation dalam pemrograman berorientasi objek

10. Bagaimana menjalankan algoritma pada robot manual

11. Memahami konsep fungsi dalam pemrograman

12. Memahami konsep linked list dalam struktur data

13. Bagaimana mengatur kejadian dan kondisi dalam Scratch

14. Memahami konsep tree dalam struktur data

15. Memahami konsep array dalam pemrograman

16. Memahami konsep rekayasa perangkat lunak dalam pemrograman

17. Memahami konsep debugging dalam pemrograman

18. Memahami konsep looping dalam pemrograman

19. Memahami konsep sorting dalam pemrograman

20. Apa itu Sprite dan Background dalam konteks Scratch



Essential Questions

Mengapa pemrograman penting untuk dipelajari?
Bagaimana cara mendalami pemrograman?
Apa konsep dasar yang harus dipahami dalam Scratch?
Bagaimana langkah-langkah membuat akun di Scratch?
Apa yang dimaksud dengan "Universe" dalam konteks Scratch?
Bagaimana cara menggali berbagai fungsi dasar dalam Scratch?


Soal Informatika Kelas 7 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman dan jawaban

1. Apa yang dimaksud dengan 'variabel' dalam pemrograman?
A. Tipe data dalam pemrograman
B. Fungsi matematika
C. Nama yang diberikan pada data yang dapat berubah
D. Nilai tetap yang tidak dapat diubah

Nama yang diberikan pada data yang dapat berubah

2. Apa yang dimaksud dengan 'queue' dalam struktur data?
A. Struktur data yang menggunakan prinsip LIFO
B. Struktur data yang menggunakan prinsip FIFO
C. Struktur data yang menggunakan prinsip random
D. Struktur data yang menggunakan prinsip terbalik

Struktur data yang menggunakan prinsip FIFO

3. Apa yang dimaksud dengan 'debugging' dalam pemrograman?
A. Proses menghapus kode program
B. Proses mencari dan memperbaiki kesalahan dalam kode program
C. Proses menggandakan kode program
D. Proses menulis kode program

Proses mencari dan memperbaiki kesalahan dalam kode program

4. Apa yang dimaksud dengan 'rekayasa perangkat lunak' dalam pemrograman?
A. Proses merakit komputer
B. Proses mengganti sistem operasi
C. Proses merancang dan membangun perangkat lunak
D. Proses memperbaiki perangkat keras

Proses merancang dan membangun perangkat lunak

5. Apa yang dimaksud dengan 'rekursi' dalam pemrograman?
A. Proses menggambar pola
B. Proses menghentikan program secara tiba-tiba
C. Proses memanggil dirinya sendiri
D. Proses mengubah tipe data

Proses memanggil dirinya sendiri

6. Apa yang dimaksud dengan 'sorting' dalam pemrograman?
A. Proses menghapus data
B. Proses mengurutkan data
C. Proses mengelompokkan data
D. Proses mengacak data

Proses mengurutkan data

7. Apa yang dimaksud dengan 'encapsulation' dalam pemrograman berorientasi objek?
A. Proses menghapus objek
B. Proses menggandakan objek
C. Proses membuat objek nyata
D. Proses menyembunyikan detail implementasi dan hanya menampilkan fungsionalitas

Proses menyembunyikan detail implementasi dan hanya menampilkan fungsionalitas

8. Apa yang dimaksud dengan 'polymorphism' dalam pemrograman berorientasi objek?
A. Kemampuan objek untuk memiliki banyak ukuran
B. Kemampuan objek untuk memiliki banyak tipe data
C. Kemampuan objek untuk memiliki banyak bentuk
D. Kemampuan objek untuk memiliki banyak warna

Kemampuan objek untuk memiliki banyak bentuk

9. Apa yang dimaksud dengan 'linked list' dalam struktur data?
A. Struktur data yang menggunakan prinsip LIFO
B. Struktur data yang menggunakan prinsip FIFO
C. Struktur data yang terdiri dari node-node yang saling terhubung
D. Struktur data yang menggunakan prinsip terbalik

Struktur data yang terdiri dari node-node yang saling terhubung

10. Apa itu Scratch?
A. Bahasa pemrograman teks
B. Bahasa pemrograman audio
C. Bahasa pemrograman visual
D. Bahasa pemrograman matematika

Bahasa pemrograman visual

11. Apa yang dimaksud dengan 'abstraksi' dalam pemrograman berorientasi objek?
A. Proses menyembunyikan detail implementasi dan hanya menampilkan fungsionalitas
B. Proses menghapus objek
C. Proses menggandakan objek
D. Proses membuat objek nyata

Proses menyembunyikan detail implementasi dan hanya menampilkan fungsionalitas

12. Langkah apa yang perlu diikuti untuk belajar pemrograman?
A. Bermain game online
B. Menggambar manga
C. Membuat proyek-proyek kecil
D. Menari ballet

Membuat proyek-proyek kecil

13. Bagaimana menjalankan algoritma pada robot manual?
A. Bermain game online
B. Menggambar manga
C. Mengatur perintah pada robot manual
D. Menari balet

Mengatur perintah pada robot manual

14. Apa yang dimaksud dengan 'array' dalam pemrograman?
A. Fungsi matematika
B. Struktur data yang bisa menyimpan banyak nilai dalam satu variabel
C. Struktur data yang hanya bisa menyimpan satu nilai
D. Tipe data dalam pemrograman

Struktur data yang bisa menyimpan banyak nilai dalam satu variabel

15. Apa itu Sprite dalam Scratch?
A. Suara dalam permainan
B. Latar belakang
C. Objek yang tidak bisa bergerak
D. Objek yang bisa bergerak

Objek yang bisa bergerak

16. Bagaimana cara mengatur kejadian dan kondisi dalam Scratch?
A. Mengatur perintah dengan mengetik kode
B. Mengatur perintah sesuai keinginan
C. Mengatur perintah secara acak
D. Menari salsa

Mengatur perintah sesuai keinginan

17. Apa yang dimaksud dengan 'looping' dalam pemrograman?
A. Menggambar lingkaran
B. Proses mengeksekusi kode secara berulang
C. Mengatur tata suara
D. Menari salsa

Proses mengeksekusi kode secara berulang

18. Apa yang dimaksud dengan 'tree' dalam struktur data?
A. Struktur data yang menggunakan prinsip FIFO
B. Struktur data yang terdiri dari node-node yang saling terhubung
C. Struktur data yang menggunakan prinsip terbalik
D. Struktur data yang menggunakan prinsip LIFO

Struktur data yang terdiri dari node-node yang saling terhubung

19. Bagaimana menggunakan algoritma dalam pemrograman robot manual?
A. Menyanyi lagu
B. Menggunakan urutan perintah yang jelas dan logis
C. Menggambar lukisan
D. Bermain sepak bola

Menggunakan urutan perintah yang jelas dan logis

20. Apa yang dimaksud dengan 'fungsi' dalam pemrograman?
A. Variabel yang tidak dapat diubah
B. Prosedur yang menghasilkan output
C. Instruksi yang hanya bisa dijalankan sekali
D. Tipe data dalam pemrograman

Prosedur yang menghasilkan output

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS