Kamu mungkin sudah familiar dengan komputer dan teknologi yang digunakannya, namun tahukah kamu bahwa teknologi komputer bisa menjadi lebih dari sekadar alat untuk bekerja dan bermain? Dalam pelajaran informatika kelas 7, kita akan menjelajahi pengembangan artefak komputasional dengan praktika lintas bidang informatika. Ini adalah kesempatanmu untuk bermain, belajar, dan berkreativitas sambil memahami lebih dalam dunia komputasi.
Essential Questions
Apa konsep dasar dari artefak komputasional?
Bagaimana pengaruh penggunaan Makey Makey dalam pengembangan artefak komputasional?
Mengapa Makey Makey dianggap sebagai alat yang unggul dalam pengembangan artefak komputasional?
Bagaimana cara menciptakan synthesizer menggunakan media air dan Makey Makey?
Mengapa aktivitas unplugged penting dalam praktik lintas bidang informatika?
Bagaimana bermain strategi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?
Baca Juga : Materi Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang
Soal Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang dan Jawaban
1. Apa yang dimaksud dengan praktika lintas bidang?
A. Praktik yang hanya melibatkan satu bidang ilmu
B. Praktik yang melibatkan berbagai bidang ilmu secara bersamaan
C. Praktik yang tidak melibatkan bidang ilmu apapun
D. Praktik yang hanya melibatkan dua bidang ilmu
Praktik yang melibatkan berbagai bidang ilmu secara bersamaan
2. Bagaimana praktika lintas bidang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran?
A. Dengan membatasi fokus pada satu bidang ilmu
B. Dengan mengurangi kompleksitas materi pelajaran
C. Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai bidang ilmu
D. Dengan menghilangkan keterkaitan antar konsep
Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai bidang ilmu
3. Bagaimana media air dan Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan synthesizer?
A. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard
B. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
C. Membuat synthesizer sederhana
D. Menghasilkan suara melalui getaran suara
Menghasilkan suara melalui getaran suara
4. Bagaimana pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam praktika lintas bidang?
A. Dengan menghilangkan keterkaitan antar konsep
B. Dengan memberikan pengalaman praktis dan penerapan konsep
C. Dengan membatasi fokus pada satu bidang ilmu
D. Dengan mengurangi kompleksitas materi pelajaran
Dengan memberikan pengalaman praktis dan penerapan konsep
5. Apa yang dimaksud dengan integrasi pengetahuan dalam praktika lintas bidang?
A. Pemisahan antara pengetahuan dari berbagai bidang ilmu
B. Penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu
C. Pengurangan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu
D. Pertukaran pengetahuan antara berbagai bidang ilmu
Penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu
6. Apa tujuan dari aktivitas bermain strategi dalam konteks pelajaran praktika lintas bidang informatika?
A. Melatih kemampuan merakit komputer
B. Melatih kemampuan merancang website
C. Melatih kemampuan merencanakan dan memecahkan masalah
D. Melatih kemampuan mengedit video
Melatih kemampuan merencanakan dan memecahkan masalah
7. Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memfasilitasi kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang?
A. Dengan membatasi interaksi antar siswa
B. Dengan mengurangi kreativitas siswa dalam belajar
C. Dengan menyediakan platform untuk berbagi ide dan bekerja sama
D. Dengan membatasi akses siswa terhadap informasi
Dengan menyediakan platform untuk berbagi ide dan bekerja sama
8. Apa fungsi dan kegunaan alat Makey Makey dalam pengembangan artefak komputasional?
A. Menghasilkan suara melalui getaran suara
B. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
C. Membuat synthesizer dengan media air
D. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard
Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
9. Apa keuntungan dari kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang?
A. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu
B. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar
C. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda
D. Meningkatkan pemahaman konsep melalui diskusi dan kerja sama
Meningkatkan pemahaman konsep melalui diskusi dan kerja sama
10. Apa manfaat dari pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang?
A. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu
B. Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu melalui proyek
C. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda
D. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar
Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu melalui proyek
11. Apa yang dapat dipelajari melalui pengembangan synthesizer dengan media air dan Makey Makey?
A. Cara mengedit video menggunakan komputer
B. Menggambar dengan aplikasi desain grafis
C. Membuat animasi 3D
D. Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik
Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik
12. Bagaimana Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan artefak komputasional?
A. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard
B. Membuat synthesizer dengan media air
C. Menghasilkan suara melalui getaran suara
D. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
13. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang?
A. Pembelajaran yang berpusat pada proyek nyata dan aplikasi praktis
B. Pembelajaran yang hanya berfokus pada teori tanpa praktik
C. Pembelajaran yang hanya berfokus pada satu bidang ilmu
D. Pembelajaran yang tidak melibatkan siswa dalam kegiatan praktik
Pembelajaran yang berpusat pada proyek nyata dan aplikasi praktis
14. Apa hubungan antara teknologi, pemikiran, dan kreativitas dalam pengembangan artefak komputasional?
A. Teknologi tidak berpengaruh pada pemikiran dan kreativitas
B. Teknologi lebih penting daripada pemikiran dan kreativitas
C. Pemikiran dan kreativitas tidak diperlukan dalam pengembangan artefak komputasional
D. Teknologi, pemikiran, dan kreativitas saling terkait dalam pengembangan artefak komputasional
Teknologi, pemikiran, dan kreativitas saling terkait dalam pengembangan artefak komputasional
15. Apa yang dimaksud dengan aktivitas unplugged dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika?
A. Bermain game online
B. Bermain game tanpa menggunakan komputer
C. Membuat synthesizer dengan media air
D. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital
Bermain game tanpa menggunakan komputer
16. Apa contoh pengembangan artefak komputasional yang lebih kompleks?
A. Mengedit foto dengan aplikasi desain grafis
B. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard
C. Membuat synthesizer dengan media air
D. Menghubungkan pisang ke Makey Makey
Membuat synthesizer dengan media air
17. Apa yang dapat dipelajari melalui aktivitas bermain dengan Makey Makey?
A. Membuat animasi 3D
B. Cara mengedit video menggunakan komputer
C. Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik
D. Menggambar dengan aplikasi desain grafis
Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik
18. Apa yang dapat dipelajari melalui aktivitas bermain strategi?
A. Keterampilan memasak
B. Keterampilan bermain musik
C. Keterampilan komunikasi dan kerjasama
D. Keterampilan menggambar
Keterampilan komunikasi dan kerjasama
19. Apa peran teknologi dalam mendukung praktika lintas bidang?
A. Membatasi akses siswa terhadap informasi
B. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar
C. Mengintegrasikan berbagai sumber informasi dan media
D. Membatasi kolaborasi antar siswa
Mengintegrasikan berbagai sumber informasi dan media
20. Apa manfaat utama dari praktika lintas bidang?
A. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar
B. Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu
C. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu
D. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda
Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu