Soal Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang Kurikulum Merdeka

Kamu mungkin sudah familiar dengan komputer dan teknologi yang digunakannya, namun tahukah kamu bahwa teknologi komputer bisa menjadi lebih dari sekadar alat untuk bekerja dan bermain? Dalam pelajaran informatika kelas 7, kita akan menjelajahi pengembangan artefak komputasional dengan praktika lintas bidang informatika. Ini adalah kesempatanmu untuk bermain, belajar, dan berkreativitas sambil memahami lebih dalam dunia komputasi.


Essential Questions

Apa konsep dasar dari artefak komputasional?

Bagaimana pengaruh penggunaan Makey Makey dalam pengembangan artefak komputasional?

Mengapa Makey Makey dianggap sebagai alat yang unggul dalam pengembangan artefak komputasional?

Bagaimana cara menciptakan synthesizer menggunakan media air dan Makey Makey?

Mengapa aktivitas unplugged penting dalam praktik lintas bidang informatika?

Bagaimana bermain strategi dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah?

Baca Juga : Materi Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang


Soal Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang dan Jawaban

1. Apa yang dimaksud dengan praktika lintas bidang?

A. Praktik yang hanya melibatkan satu bidang ilmu

B. Praktik yang melibatkan berbagai bidang ilmu secara bersamaan

C. Praktik yang tidak melibatkan bidang ilmu apapun

D. Praktik yang hanya melibatkan dua bidang ilmu


Praktik yang melibatkan berbagai bidang ilmu secara bersamaan


2. Bagaimana praktika lintas bidang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran?

A. Dengan membatasi fokus pada satu bidang ilmu

B. Dengan mengurangi kompleksitas materi pelajaran

C. Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai bidang ilmu

D. Dengan menghilangkan keterkaitan antar konsep


Dengan mengintegrasikan konsep dari berbagai bidang ilmu


3. Bagaimana media air dan Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan synthesizer?

A. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard

B. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital

C. Membuat synthesizer sederhana

D. Menghasilkan suara melalui getaran suara


Menghasilkan suara melalui getaran suara


4. Bagaimana pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam praktika lintas bidang?

A. Dengan menghilangkan keterkaitan antar konsep

B. Dengan memberikan pengalaman praktis dan penerapan konsep

C. Dengan membatasi fokus pada satu bidang ilmu

D. Dengan mengurangi kompleksitas materi pelajaran


Dengan memberikan pengalaman praktis dan penerapan konsep


5. Apa yang dimaksud dengan integrasi pengetahuan dalam praktika lintas bidang?

A. Pemisahan antara pengetahuan dari berbagai bidang ilmu

B. Penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu

C. Pengurangan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu

D. Pertukaran pengetahuan antara berbagai bidang ilmu


Penggabungan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu


6. Apa tujuan dari aktivitas bermain strategi dalam konteks pelajaran praktika lintas bidang informatika?

A. Melatih kemampuan merakit komputer

B. Melatih kemampuan merancang website

C. Melatih kemampuan merencanakan dan memecahkan masalah

D. Melatih kemampuan mengedit video


Melatih kemampuan merencanakan dan memecahkan masalah


7. Bagaimana teknologi dapat digunakan untuk memfasilitasi kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang?

A. Dengan membatasi interaksi antar siswa

B. Dengan mengurangi kreativitas siswa dalam belajar

C. Dengan menyediakan platform untuk berbagi ide dan bekerja sama

D. Dengan membatasi akses siswa terhadap informasi


Dengan menyediakan platform untuk berbagi ide dan bekerja sama


8. Apa fungsi dan kegunaan alat Makey Makey dalam pengembangan artefak komputasional?

A. Menghasilkan suara melalui getaran suara

B. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital

C. Membuat synthesizer dengan media air

D. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard


Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital


9. Apa keuntungan dari kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang?

A. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu

B. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar

C. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda

D. Meningkatkan pemahaman konsep melalui diskusi dan kerja sama


Meningkatkan pemahaman konsep melalui diskusi dan kerja sama


10. Apa manfaat dari pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang?

A. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu

B. Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu melalui proyek

C. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda

D. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar


Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu melalui proyek


11. Apa yang dapat dipelajari melalui pengembangan synthesizer dengan media air dan Makey Makey?

A. Cara mengedit video menggunakan komputer

B. Menggambar dengan aplikasi desain grafis

C. Membuat animasi 3D

D. Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik


Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik


12. Bagaimana Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan artefak komputasional?

A. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard

B. Membuat synthesizer dengan media air

C. Menghasilkan suara melalui getaran suara

D. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital


Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital


13. Apa yang dimaksud dengan pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang?

A. Pembelajaran yang berpusat pada proyek nyata dan aplikasi praktis

B. Pembelajaran yang hanya berfokus pada teori tanpa praktik

C. Pembelajaran yang hanya berfokus pada satu bidang ilmu

D. Pembelajaran yang tidak melibatkan siswa dalam kegiatan praktik


Pembelajaran yang berpusat pada proyek nyata dan aplikasi praktis


14. Apa hubungan antara teknologi, pemikiran, dan kreativitas dalam pengembangan artefak komputasional?

A. Teknologi tidak berpengaruh pada pemikiran dan kreativitas

B. Teknologi lebih penting daripada pemikiran dan kreativitas

C. Pemikiran dan kreativitas tidak diperlukan dalam pengembangan artefak komputasional

D. Teknologi, pemikiran, dan kreativitas saling terkait dalam pengembangan artefak komputasional


Teknologi, pemikiran, dan kreativitas saling terkait dalam pengembangan artefak komputasional


15. Apa yang dimaksud dengan aktivitas unplugged dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika?

A. Bermain game online

B. Bermain game tanpa menggunakan komputer

C. Membuat synthesizer dengan media air

D. Menghubungkan benda-benda sehari-hari dengan dunia digital


Bermain game tanpa menggunakan komputer


16. Apa contoh pengembangan artefak komputasional yang lebih kompleks?

A. Mengedit foto dengan aplikasi desain grafis

B. Mengontrol permainan dengan tuts keyboard

C. Membuat synthesizer dengan media air

D. Menghubungkan pisang ke Makey Makey


Membuat synthesizer dengan media air


17. Apa yang dapat dipelajari melalui aktivitas bermain dengan Makey Makey?

A. Membuat animasi 3D

B. Cara mengedit video menggunakan komputer

C. Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik

D. Menggambar dengan aplikasi desain grafis


Konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik


18. Apa yang dapat dipelajari melalui aktivitas bermain strategi?

A. Keterampilan memasak

B. Keterampilan bermain musik

C. Keterampilan komunikasi dan kerjasama

D. Keterampilan menggambar


Keterampilan komunikasi dan kerjasama


19. Apa peran teknologi dalam mendukung praktika lintas bidang?

A. Membatasi akses siswa terhadap informasi

B. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar

C. Mengintegrasikan berbagai sumber informasi dan media

D. Membatasi kolaborasi antar siswa


Mengintegrasikan berbagai sumber informasi dan media


20. Apa manfaat utama dari praktika lintas bidang?

A. Mengurangi kreativitas siswa dalam belajar

B. Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu

C. Membatasi pemahaman siswa hanya pada satu bidang ilmu

D. Membuat siswa bingung dengan konsep-konsep yang berbeda


Mengintegrasikan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu


Kisi-Kisi Soal Informatika Kelas 7 Bab 9 Praktika Lintas Bidang :

1. Menjelaskan bagaimana media air dan Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan synthesizer

2. Mengidentifikasi keuntungan dari kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang

3. Memahami konsep dasar sirkuit listrik dan penghantar listrik melalui penggunaan Makey Makey

4. Menjelaskan cara praktika lintas bidang dapat meningkatkan pemahaman siswa

5. Menjelaskan cara teknologi memfasilitasi kolaborasi antar siswa dalam praktika lintas bidang

6. Mendefinisikan integrasi pengetahuan dalam praktika lintas bidang

7. Memahami hubungan antara teknologi, pemikiran, dan kreativitas dalam pengembangan artefak komputasional

8. Mengenali pentingnya aktivitas unplugged dalam pelajaran praktika lintas bidang informatika

9. Menjelaskan cara pembelajaran berbasis proyek meningkatkan keterampilan siswa dalam praktika lintas bidang

10. Mengidentifikasi peran teknologi dalam mendukung praktika lintas bidang

11. Mendefinisikan praktika lintas bidang

12. Menjelaskan tujuan dan manfaat dari aktivitas bermain strategi dalam konteks pelajaran praktika lintas bidang informatika

13. Mengidentifikasi fungsi dan kegunaan alat Makey Makey dalam pengembangan artefak komputasional

14. Mengidentifikasi contoh pengembangan artefak komputasional yang lebih kompleks

15. Menjelaskan bagaimana Makey Makey dapat digunakan dalam pengembangan artefak komputasional

16. Mendefinisikan pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang

17. Mengidentifikasi manfaat dari praktika lintas bidang

18. Mengidentifikasi manfaat dari pembelajaran berbasis proyek dalam praktika lintas bidang


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS