Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 5 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 5 Bahasa Indonesia ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 5 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran Bahasa Indonesia.

Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 5 Bahasa Indonesia ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 5 secara menyeluruh terhadap materi Bahasa Indonesia yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 5 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.

Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 5 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru Bahasa Indonesia dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 5 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.

Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Unduh Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 5 Semester 2 Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Bahasa Indonesia Kelas 5

 

Soal SAT Bahasa Indonesia Kelas 5 Kurikulum Merdeka

A. Pilihan Ganda

Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !

1. Kancil : "Hai siput, lihat diriku. Aku begitu cepat berlari.”
Siput : “Iya aku mengerti.”
Kancil : "Tidak ada binatang disini yang larinya secepat diriku.”
Siput : “Itu ada rusa, dia juga cepat larinya.”
Kancil : “Ah masih cepat aku, dia tidak apa-apanya dibanding aku.”

Bagaimana sifat kancil dalam penggalan drama tersebut ....
a. Rendah diri
b. Besar kepala
c. Keras kepala
d. Panjang kaki

2. (1) Kemudian bersihkan lubangnya dari rumput-rumput.
(2) Masukkan tangkai bunga mawar ke dalam lubang.
(3) Mula-mula buatlah lubang di tanah dengan cangkul.
(4) Siapkan tangkai bunga mawar yang ingin di tanam
(5) Ratakan tanah untuk menutupi lubang
(6) Berilah air secukupnya setelah tanah diratakan

Urutan kegiatan yang benar adalah ....
a. (4) – (1) – (5) – (2) – (3) – (6)
b. (4) – (3) – (1) – (2) – (5) – (6)
c. (3) – (4) – (1) – (2) – (5) – (6)
d. (4) – (3) – (1) – (6) – (2) – (5)

3. Pak tani begitu bekerja keras. ia nampak bermandikan keringat dibawah terik matahari.
Arti kata bermandikan adalah ....
a. Menyiram tubuhnya dengan
b. Mengeluarkan banyak
c. Membasahi tubuhnya dengan
d. Mandi di sumur sawah

4. Kata yang mengandung imbuhan di- adalah ....
a. Di kebun
b. Di kantor
c. Di rumah
d. Dimarahi

5. Tokoh yang berperan untuk melengkapi peran tokoh utama dalam cerita dinamakan ...
a. Tokoh antgonis
b. Tokoh protagonis
c. Tokoh figuran
d. Tokoh pemeran

Bacaan untuk soal nomer 6 - 7

Ketika bermain sepeda ke sawah bersama teman-teman. Andi begitu semangat di antara teman-temannya yang lain. Ia mengayuh sepeda dengan cepat. Hingga akhirnya Andi tidak melihat jika ada lubang di jalan. Andi pun akhirnya terjatuh karena tidak bisa menghindar. Kakinya akhirnya sedikit lecet, dan ia menangis karena merasa sakit.

6. Cerita di atas merupakan pengalaman yang ....
a. Mengejutkan
b. Menyenangkan
c. Menggembirakan
d. Menyedihkan

7. Amanat yang disampaikan dari cerita di atas adalah ...
a. Kita harus bersepeda dengan cepat
b. Kita tidak boleh bersepeda sendirian
c. Kita harus berhati-hati saat bersepeda
d. Kita tidak boleh balapan bersepeda

8. Rina : "Sinta, tolong sampaikan kepada Sila bahwa aku tidak dapat menghadiri perayaan ulang tahunnya karena sakit. Jadi aku titip kadonya saja."
Sinta : "Iya, Rin. Semoga cepat sembuh ya"
Isi pesan yang disampaikan Rina adalah ....
a. Sinta akan memberikan hadiah besar kepada Sil.
b. Rina akan menghadiri perayaan ulang tahun agak terlambat karena sakit.
c. Rina tidak dapat menghadiri perayaan ulang tahun karena sakit.
d. Sila mendapatkan salam dari Rina yang sedang sakit.

9. Dalam waktu yang sudah ..., kamu seharusnya tidak boleh bermain di luar karena hal itu berbahaya. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
a. terlalu pagi
b. Sangat siang
c. Turun senja
d. Tengah malam

10. Toni adalah anak yang baik. Ia begitu peduli ketika ada temannya yang kesusahan.
Antonim dari kata peduli adalah ....
a. Perhatian
b. Pengorbanan
c. Acuh
d. Benci

11. “Aku sekarang sedang berada di rumah Iwan”
Kalimat tersebut merupakan jawaban yang tepat untuk kalimat tanya ....
a. Di mana rumahmu?
b. Bagaimana keadaanmu sekarang?
c. Kemana dia pergi sekarang?
d. Dimana kamu sekarang?

12. Perintah, nasihat, permintaan atau amanat yang disampaikan lewat orang lain dinamakan ....
a. Hadiah
b. Pesan
c. Berita
d. Pengumuman

13. Rina adalah anak yang rajin .... Doni adalah anak yang pemalas.
Kata sambung yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....
a. Atau
b. Walaupun
c. Sedangkan
d. Meskipun

14. Andi suka membaca buku
Andi menjadi berpengetahuan luas
Penggabungan dua kalimat diatas yang tepat adalah ....
a. Andi suka membaca buku meskipun ia menjadi berpengetahuan luas.
b. Andi suka membaca buku sehingga ia menjadi berpengetahuan luas.
c. Andi menjadi berpengetahuan luas sehingga ia suka membaca buku.
d. Andi suka menbaca buku dan ia suka berpengetahuan luas.

15. Lembar pengumuman, berita, atau ajakan yang dilengkapi dengan gambar-gambar menarik untuk menarik seseorang untuk melihatnya dinamakan ....
a. Undangan
b. Iklan
c. Perangko
d. Resep

Bacaan untuk nomor 16-17!
Bagas : "Kawan-kawan, besok saat liburan mau kemana?"
Doni : “Aku ingin ke pantai bersama keluarga.”
Sinta : “Kalau aku ingin pergi ke rumah kakekku di kampung.”
Bagas : “Kalau kamu Susi ?”
Susi : “Aku tidak bisa kemana-mana, karena harus membantu ibu menjaga kakek yang
masih sakit.”
Sinta : “Kakekmu sakit apa Sus?”
Susi : “Kakek sakit jantung, aku sedih melihatnya.”

16. Dialog diatas membicarakan ....
a. Rencana menjenguk kakek Susi
b. Rencana membantu kakek Susi
c. Rencana mengajak Susi liburan
d. Rencana liburan yang akan dating

17. Dalam dialog di atas perasaan yang dirasakan oleh Susi menggambarkan ....
a. Ketakutan
b. Kegembiraan
c. Kesedihan
d. Terkejut

18. “Selamat pagi para pendengar setia! Berita pagi ini diawali oleh berita seorang anak Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar juara di lomba robot di Inggris.”
Penyiar tersebut berbicara melalui ....
a. Internet
b. Telepon
c. Radio
d. Televisi

19. Bu Ani : "Bu Dini, apakah kamu tahu toko seragam sekolah di dekat sini?”
Bu Dini : "Ya, tentu! Itu bu, di ujung jalan raya ini."
Bu Rina : “Mau beli seragam buat siapa Buk?
Bu Ani : “Mau beli untuk Riki Buk, bajunya kemarin sobek karena jatug dari sepeda.”
Bu Dini : “Wah disana bagus-bagus lho buk bajunya, harganya juga terjangkau.”
Bu Ani : “Terima kasih buk, atas informasinya.”

Tema dari percakapan diatas adalah ....
a. Seragam yang robek
b. Seragam baru anak Bu Dini
b. Toko mainan yang murah
d. Toko seragam sekolah

20. Aku merasa sangat .... karena teman-teman mau datang pada perayaan ulang tahunku.
Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ....
a. Gelisah
b. Sedih
c. Prihatin
d. Bahagia

21. Kalimat yang tepat ketika mengawali pembicaraan di telepon adalah ...
a. “Terima kasih telah menelepon.”
b. “Selamat pagi, bisa bicara dengan Andi?”
c. “Hai bagaimana kabarnya?”
d. “Dimana rumah kamu?“

22. "Halo, selamat malam rani."
“.......”
Kalimat yang tepat untuk menjawab percakapan telepon diatas adalah adalah ....
a. "Maaf ini sudah tengah malam!"
b. "Selamat malam! iya,kabarku baik!"
c. "Iya selamat malam juga."
d. "Rumah saya di Semarang."

23. Riko : “Andi! Dasar kamu itu orang miskin.”
Roni : “Ko, jangan bentak-bentak dia seperti itu.”
Riko : “Biarlah, memang dia pantas dibentak.”
Andi : “Maafkan aku jika salah.”

Watak Riko dalam kutipan percakapan diatas adalah ....
a. Pemaaf
b. Peduli
c. Ramah
d. Kasar

24. Karya sastra yang dipentaskan di atas panggung melalui dialog atau gerak disebut ....
a. Puisi
b. Pantun
c. Drama
d. Pidato

25. Jalannya cerita dalam drama disebut ....
a. Alur
b. Latar
c. Setting
d. Watak

B. Isian Singkat

Isilah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Tempat dan waktu kejadian dalam drama dinamakan ....

2. Penulisan kata berimbuhan harus di....

3. Pesan yang disampaikan dalam cerita dinamakan ....

4. Tokoh baik dalam drama dinamakan ....

5. Membaca sekilah juga dinamakan sebagai ....

6. Percakapan dua orang atau lebih dalam drama dinamakan ....

7. Drama yang ceritanya lucu dinamakan drama ....

8. Antonim kata bekerja adalah ....

9. Sinonim dari kata modern adalah ....

10. Anak yang mendeklamasikan puisi itu ... ..wajahnya sangat bagus .

C. Esai

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!

1. Sebutkan 5 contoh kata berimbuhan ter-?

2. Jelaskan tokoh-tokoh dalam sebuah cerita!

3. Buatlah puisi tentang jasa seorang guru!

4. Sebutkan jenis-jenis drama!

5. Sebutkan unsur-unsur intrinsik drama!

Kunci Jawaban

A. Pilihan Ganda

1. B

2. B

3. B

4. D

5. B

6. C

7. C

8. C

9. D

10. C

11. D

12. B

13. C

14. B

15. B

16. D

17. C

18. C

19. D

20. D

21. B

22. C

23. D

24. C

25. A

B. Isian Singkat

1. Latar
2. Sambung
3. Amanat
4. Tokoh Protagonis
5. Skimming
6. Dialog
7. Drama Komedi
8. Menganggur
9. Maju
10. Ekspresi

C. Esai

1 Contoh kata berimbuhan ter- :
- terjatuh
- tertimpa
- terpandai
- terpintar
- tertangkap

2. Tokoh-tokoh dalam sebuah cerita :
- Tokoh protagonis yaitu tokoh yang memiliki sifat baik dalam cerita
- tokoh antagonis yaitu tokoh yang memiliki sifat jahat dalam cerita
- tokoh utama yaitu tokoh yang memiliki kedudukan paling penting dalam cerita.
- tokoh pembantu yaitu tokoh yang berperan sebagai pelengkap dalam mendukung tokoh utama.

3. Puisi tentang jasa guru :

Guruku
Engkaulah pahlawan bangsa
Engkau mengajar kami semua
Mengajarkan menulis dan membaca
Hingga kami bisa mengenal dunia

Guruku
Engkaulah penerang dunia
Engkau sinari kami dengan cahaya ilmumu
Membuat jalan kami cerah kedepan
Membuat kami merasa punya harapan

4. Jenis-jenis drama adalah sebagai berikut :
- Drama komedi
- Drama misteri
- Drama tragedi
- Drama horor

5. Unsur-unsur intrinsik drama adalah sebagai berikut :
- Tema
- Tokoh
- Watak
- Latar
- Amanat
- Alur


Baca Juga :

 

Soal Sumatif Akhir Tahun Bahasa Indonesia Kelas 5

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS