Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 11 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 11  Matematika ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 11 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran  Matematika.

Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 11  Matematika ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 11 secara menyeluruh terhadap materi  Matematika yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 11 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.

Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT  Matematika Kelas 11 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru  Matematika dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 11 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.

Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Unduh Soal SAT  Matematika Kelas 11 Semester 2 Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 :  Matematika Kelas 11

 

Soal SAT  Matematika Kelas 11 Kurikulum Merdeka

1. Grafik fungsi y = -9x2 + 12x + 6 memotong sumbu y di titik ….

A. (0,-6)

B. (0,6)

C. (6,0)

D. (-6,0)

E. (12,6)

Jawaban : b

2. Faktor dari x2−x−6=0x^2-x-6=0 adalah ….

a. (x+2)(x−3)=0
b. (x−2)(x+3)=0
c. (x−2)(x−3)=0
d. (x+2)(x+3)=0

Jawaban :a

3. Sebuah fungsi kuadrat melalui titik puncak (2,0). Jika fungsi kuadrat tersebut melalui titik (0,4), maka persamaan fungsi kuadrat tersebut adalah….

a. f(x)=x2 + 4x + 4

b. f(x)=x2 – 4x + 4

c. f(x)=x2 – 4x – 4

d. f(x)=x2 + 2x + 4

Jawaban :b

4. Cara menentukan akar persamaan kuadrat ada tiga, kecuali ….

A. mengalikan dengan sekawannya

B. memfaktorkan

C. melengkapi kuadrat sempurna

D. rumus kuadratik (rumus abc)

Jawaban :a

5. Diketahui persamaan x2 + 2x – 1 = 0 maka nilai D adalah….

a. –8
b. –4
c. 0
d. 4
e. 8

Jawaban : D

6. Persamaan garis singgung lingkaran x2 + y2 = 10 di titik P(3, 1) adalah….

a. 3x + y + 10 = 0
b. 3x + y – 10 = 0
c. x + 3y – 10 = 0
d. x + 3y + 10 = 0
e. 3x – y – 10 = 0

Jawaban : A

7. Perhatikan gambar disamping!

Berdasarkan gambar tersebut, jarak antara sumbu X dengan titik pusat lingkarannya adalah….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawaban : E

8. Lingkaran dengan persamaan x2 + y2– 4x + 2y + p = 0 mempunyai jari – jari 3. Nilai p =….

a. –1
b. –2
c. –3
d. –4
e. –5

Jawaban : C

9. Persamaan lingkaran dengan pusat P (– 2, 5) dan melalui titik T (3, 4) adalah….

a. ( x + 2 )2 + ( y – 5 )2 = 26
b. ( x – 3 )2 + ( y + 5 )2 = 36
c. ( x + 2 )2 + ( y – 5 )2 = 82
d. ( x – 3 )2 + ( y + 5 )2 = 82
e. ( x + 2 )2 + ( y + 5 )2 = 82

Jawaban : A

10. Kedudukan titik N(5, 4) terhadap lingkaran yang berpusat di titik H(–1, –4) dan berjari-jari 6 adalah….

a. Tidak ada
b. Ada
c. Pada lingkaran
d. Di luar lingkaran
e. Di dalam lingkaran

Jawaban : D

11. Diantara titik-titik berikut yang terletak pada lingkaran x2 + y2 = 50 adalah….

a. (–7,1)
b. (2, –4)
c. (3,8)
d. (5, –5)
e. (8, 2)

Jawaban : C

12. Persamaan lingkaran yang melewati titik (-7, 0) dengan titik pusat (0,0) adalah….

a. x2+y2=−7
b. x2+y2=7
c. −7×2+y2=−7
d. −7×2+y2=7
e. 7×2+y2=1

Jawaban : D

13. Diketahui lingkaran dengan jari-jari 5 dan berpusat dititik O maka persamaan lingkarannya adalah….

a. x2+y2=1
b. x2+y2=−5
c. x2+y2=5d. 5×2+y2=5
e. x2+5y2=5

Jawaban : C

14. Diketahui persamaan lingkaran x2+y−12=5 maka pusatnya adalah….

a. (1, 5)
b. (− 1, 5)
c. (0, 5)
d. (0, 1)
e. (0, −1)

Jawaban : B

15. Berdasarkan gambar tersebut disamping, persamaan lingkarannya adalah….

a. x+22+y−42=6
b. x+22+y−42=9
c. x+22+y−42=81
d. x−22+y+42=9
e. x−52+y+72=9

Jawaban : E

15. Diketahui persamaan lingkaran x+12+y−12=5 maka jari-jari dan pusatnya secara berturut-turut adalah….

a. (– 1, 1) dan 5
b. (– 1, 1) dan 5
c. (– 1, 1) dan 25
d. (1, –1) dan 5
e. (1, –1) dan 5

Jawaban : A

16. Perhatikan gambar disamping!

Berdasarkan gambar tersebut, jari-jari lingkarannya adalah….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 6
e. 7

Jawaban : A

17. Kedudukan garis g: x + y = 3 terhadap lingkaran L: x2 + y2 = 36 adalah….

a. Ada
b. Garis g memotong lingkaran L di satu titik
c. Garis g di luar lingkaran L
d. Tidak ada
e. Garis g memotong lingkaran L di dua titik

Jawaban : B

18. Diketahui titik (–5, k) terletak pada lingkaran x2 + y2 + 2x – 5y – 21 = 0. Nilai k yang memenuhi adalah….

a. –6
b. –3
c. –1
d. 1
e. 3

Jawaban : C

19. Titik potong lingkaran x2 + y2 + 4x + 2y = 0 dengan garis 2x – y + 8 = 0 adalah….

a. (4, 0)
b. (0, 4)
c. (–4, 0)
d. (2, 4)
e. (–2, –3)

Jawaban : B

20. Diketahui persamaan lingkaran x2+y2−6x+8y=0 maka jari-jarinya adalah….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawaban : B

21. Diketahui persamaan lingkaran x2+y2−6x+8y=0 maka jarak titik pusatnya dengan sumbu Y adalah….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Jawaban : E

22. Persamaan lingkaran yang melalui titik (–4,4), (–1,1), dan (2,4) adalah….

a. x2 + y2 – 2x + 8y + 8 = 0
b. x2 + y2 + 2x – 8y + 8 = 0
c. x2 – y2 + 2x – 8y + 8 = 0
d. x2 + y2 – 2x – 8y + 8 = 0
e. x2 + y2 + 2x – 8y – 8 = 0

Jawaban : B

23. Persamaan lingkaran dengan pusat (3,2) dan menyinggung sumbu Y adalah….

a. x2 + y2 – 6x – 4y – 4 = 0
b. x2 + y2 – 6x – 4y + 4 = 0
c. x2 + y2 + 4x – 6y + 4 = 0
d. x2 + y2 – 2x – 8y + 4 = 0
e. x2 + y2 + 2x – 4y – 4 = 0

Jawaban : B

24. Koordinat pusat lingkaran x2 + y2 – 6x + 4y – 24 = 0 adalah….

a. (– 6 , 4)
b. (6 , – 4)
c. (– 3 , 2)
d. (3 , – 2)
e. (4 , – 6)

Jawaban : C

25. Titik (a, b) adalah pusat lingkaran x2 + y2 – 2x + 4y + 1 = 0. Jadi 2a + b = …

a. 0
b. 2
c. 3
d. –1
e. –2

Jawaban : C

26. Persamaan lingkaran yang mempunyai koordinat pusat (4, –3) dan jari – jari 3 adalah …

a. x2 + y2 + 8x – 6y + 16 = 0
b. x2 + y2 – 8x +6y +16 = 0
c. x2 + y2 + 6x – 8y + 16 = 0
d. x2 + y2– 6x + 8y + 16 = 0
e. x2 + y2– 6x – 8y + 16 = 0

Jawaban : D

27. Persamaan lingkaran yang berpusat di (0,0) dan berjari-jari 22 adalah….

a. x2+y2=2
b. x2+y2=4
c. x2+y2=8
d. x2+y2=16
e. x2−y2=8

Jawaban : D

28. Diketahui sebuah lingkaran mempunyai jari-jari 3 dan pusatnya (2,5) maka persamaan lingkarannya adalah….

a. x+22+y+52=3
b. x+22+y+52=3
c. x−22+y−52=3
d. x−22+y−52=3
e. x−22+y−52=9

Jawaban : C

29. Persamaan lingkaran yang berpusat di titik B(-3,5) dan melalui titik (1,3)!

a. (x + 3)2 + (y + 5)2 = 14
b. (x + 3)2 + (y – 5)2 = 18
c. (x – 3)2 + (y + 5)2 = 20
d. (x + 3)2 + (y – 5)2 = 20
e. (x – 3)2 + (y – 5)2 = 20

Jawaban : D

30. Jika garis y = 3x + 10 menyinggung lingkaran x2 + y2 = 10 maka titik singgungnya adalah….

a. (3,1)
b. (–3,1)
c. (3, –1)
d. (–3, –1)
e. (–1,3)

Jawaban : B

31. Berdasarkan gambar disamping, titik potong kedua lingkaran tersebut adalah….

a. (0,2)
b. (2,0)
c. (2, 4)
d. (3, 4)
e. (0,8)

Jawaban : D

32. Berdasarkan gambar disamping, titik potong antara lingkaran dan garis adalah….

a. (0,5)
b. (1,4)
c. (1,2)
d. (2,3)
e. (5,0)

Jawaban : A

33. Untuk mengetahui kedudukan garis dan lingkaran adalah menggunakan diskriminan. Jika D < 0>

a. Berpotongan di dua titik
b. Berpotongan di satu titik
c. Bersinggungan
d. menempel
e. Tidak berpotongan

Jawaban : E

34. Agar titik (k, –2) terletak pada lingkaran x2 + y2 – 5x + 7y + 4 = 0 maka nilai k yang memenuhi adalah….

a. –1 atau 6
b. 6 atau –1
c. 6 atau –6
d. –1 atau 1
e. 1 atau 6

Jawaban : D

35. Jika titik (3, 4) terletak pada lingkaran x2 + y2 + 2ax + 6y – 37 = 0, nilai a =…

a. 5
b. 4
c. 2
d. –2
e. –4

Jawaban : E

36. Diantara titik-titik berikut yang terletak di dalam lingkaran x2 + y2 = 50 adalah….

a. (–7,1)
b. (2, –4)
c. (3, 8)
d. (5, –5)
e. (8, 2)

Jawaban : B

37. Diantara titik-titik berikut yang terletak di luar lingkaran x2 + y2 = 50 adalah….

a. (–7,1)
b. (2, –4)
c. (3,8)
d. (5, –5)
e. (8, 2)

Jawaban : C

38. Suku kelima suatu barisan aritmatika adalah 22, sedangkan kesembilan adalah 42. Suku kelima belas sama dengan …..

A. 62
B. 68
C. 72
D. 75
E. 80

Jawaban: C

39. Diketahui suatu deret aritmatika 1, 3, 5, 7, … jumlah n suku pertama adalah 225, suku ke-n adalah …..

A. 25
B. 27
C. 29
D. 31
E. 35

Jawaban: C

40. Jika rasio barisan geometri sebesar 3 dan suku ke-8 adalah 10.935, maka suku ke-5 adalah …..

A. 400
B. 405
C. 410
D. 415
E. 420

Jawaban: B


Baca Juga :

 

Soal Sumatif Akhir Tahun  Matematika Kelas 11

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS