Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 2 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 2 PKN ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 2 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran PKN.
Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 2 PKN ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 2 secara menyeluruh terhadap materi PKN yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 2 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.
Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT PKN Kelas 2 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru PKN dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 2 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.
Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Unduh Soal SAT PKN Kelas 2 Semester 2 Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : PKN Kelas 2
Soal SAT PKN Kelas 2 Kurikulum Merdeka
A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b,c atau d didepan jawaban yang benar !
1. Kita bisa membiasakan bekerja keras agar ...
a. Tidak mudah berhasil
b. Tidak mudah menyerah
c. Tidak mudah menang
2. Ikut kerja bakti desa adalah contoh bekerja bersama di ...
a. Rumah
b. Masyarakat
c. Sekolah
3. Orang yang suka bekerja keras akan ....
a. Sengsara
b. Susah
c. Berhasil
4. Dengan bekerja keras maka kita menjadi orang yang ...
a. Pantang menyerah
b. Mudah lelah
c. Mudah bosan
5. Orang tua bekerja keras untuk ...
a. Memenuhi keinginan
b. Memenuhi kebutuhan
c. Menuruti gengsi
6. Tujuan diadakan musyawarah adalah untuk mendapatkan ...
a. Keputusan yang terbaik
b. Banyak uang
c. Banyak teman
7. Musyawarah juga dapat dilakukan untuk menyelesaikan ...
a. PR
b. Masalah kelas
c. Ulangan kelas
8. Keputusan yang telah diambil harus bisa kita terima dengan ...
a. Terpaksa
b. Lapang dada
c. Tidak puas
9. Cara untuk memilih ketua kelas selain dengan musyawarah adalah ...
a. Pemungutan suara
b. Pengundian
c. Arisan
10. Orang yang terpilih menjadi ketua kelas adalah yang mempunyai ...
a. Pemilih yang banyak
b. Uang yang banyak
c. Dukungan dari guru
11. Membicarakan suatu hal untuk mendapatkan persetujuan bersama dinamakan ....
a.Ngobrol
b. Musyawarah
c. Debat
12. Hal yang dibicarakan dalam musyawarah untuk menentukan keputusan ....
a. Sendiri
b. Pribadi
c. Bersama
13. Kegiatan musyawarah dapat dilakukan untuk menentukan ....
a. Ketua kelas
b. Nilai ulangan
d. Nilai raport
14. Saat akan memberikan usulan
Sebaiknya kita ...
a. Berteriak kencang
b. Naik Meja
c. Mengangkat tangan
15. Saat ada orang yang memberikan usul
maka kita harus ....
a. Memprotesnya
b. Menghormatinya
c. Mengacuhkannya
16. Ciri-ciri orang yang disiplin adalah ...
a. Bekerja tidak tepat waktu
b. Tidak suka berangkat terlambat
c. Perkejaan selalu ditunda-tunda
17. Contoh perbuatan tidak disiplin adalah ...
a. Bermain bola di halaman
b. Bermain bola di dalam kelas
c. Bermain bola di lapangan
18. Melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dinamakan ...
a. Disiplin
b. Bekerja keras
c. Pantang menyerah
19. Untuk bisa meraih hasil pekerjaan yang baik, maka pekerjaan harus dilakukandengan ...
a. Malas
b. Cepat-cepat
c. Sungguh-sungguh
20. Ayah bekerja mencari nafkah, sedangkan kita harus bekerja keras dalam ...
a. Belajar
b. Bermain
c. Bercanda
21. Hidup disipilin adalah hidup yang ...
a. Teratur
b. Berantakan
c. Tidak rapi
22. Siswa yang disiplin selalu ...
a. Bolos sekolah
b. Mengerjakan PR
c. Berangkat terlamba
23. Contoh perilaku tidak disiplin di rumah adalah ...
a. Bangun tepat waktu
b. Suka bangun kesiangan
c. Bangun menunggu matahari terbit
24. Contoh disiplin di jalan raya adalah ...
a. Berkendara di lajur kiri
b. Berkendara di lajur kanan
c. Berkendara di lajur tengah
25. Perilaku tidak disipilin dapat mengakibatkan kerugian bagi ...
a. Diri sendiri
b. Orang lain
c. Diri sendiri orang lain
26. Ida diberi tugas untuk menyiram tanaman di pot setiap sore di rumah. Manfaat menyiram tanaman di pot adalah ....
a. halaman menjadi bersih
b. tanaman menjadi subur
c. tanaman menjadi indah
27. Siti dan teman-temannya senang belajar bersama. Namun mereka mempunyai kesukaan yang berbeda-beda, maka sikap mereka seharusnya ....
a. menghormati
b. mengolok
c. mengejek
28. Saat mengerjakan tugas secara berkelompok sikap kita seharusnya ....
a. bekerja sendiri-sendiri
b. bersaing
c. bekerjasama
29. Bhineka Tunggal Ika merupakan ... negara Indonesia.
a. semboyan
b. lambing
c. lagu kebangsaan
30. Berikut contoh kegiatan di rumah yang menunjukkan persatuan ....
a. kerja bakti membersihkan rumah
b. menonton televise
c. tidak mau bermain dengan adik
31. Pohon beringin adalah simbol dari Pancasila yang berbunyi ....
a. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
b. Persatuan Indonesia
c. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan
perwakilan
32. Berikut contoh perilaku yang sesuai dengan Pancasila sila kelima adalah ....
a. ikut dalam pemilihan ketua kelas
b. menunggu teman yang sedang beribadah
c. saling menolong
33. Membantu sesama teman, tidak mengejek teman adalah contoh penerapan sila Pancasila dengan simbol ....
a. kepala banteng
b. pohon beringin
c. rantai emas
34. Apabila tidak mematuhi aturan di sekolah akan merugikan ....
a. diri sendiri
b. teman
c. guru
35. Berikut yang merupakan contoh menaati peraturan di sekolah adalah ....
a. mencuci piring
b. mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
c. mengikuti kerja bakti memperbaiki jalan
B. Isian Singkat
Isilah titik – titik pada soal di bawah ini dengan jawaban yang benar pada lembar Jawaban yang telah tersedia!
1. Dalam satu sekolah pasti terdapat berbagai macam keanekaragaman seperti perbedaan kegemaran, perbedaan makanan. Maka dari itu, kita harus saling…
2. Indonesia terdiri dari berbagai suku. Suku Betawi berasal dari . .. .
3. Setiap manusia mempunyai perbedaan satu dengan lainnya yang disebut . . ..
4. Edo berasal dari Papua, Beni dari Batak. Mereka berbeda . ...
5. Apabila kita bermain secara berkelompok, kita harus menjaga...
6. Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan sila dalam Pancasila sila ke ....
7. Menghargai perbedaan suku dan budaya merupakan contoh penerapan Pancasila sila ke...
8. Melaksanakan piket kelas merupakan contoh dari penerapan sila dalam Pancasila yang berbunyi…
9. Sila ke-1 disimbolkan dengan ....
10. Semboyan negara Indonesia adalah ....
C. Esai
Jawablah pertanyaan – pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1. Sebutkan ciri-ciri orang yang disiplin!
2. Sebutkan sikap-sikap yang baik dalam musyawarah!
3. Sebutkan manfaat bekerja keras!
4. Sebutkan sikap di sekolah yang mencerminkan kedisiplinan!
5. Apakah pengertian dari musayawah?
Kunci Jawaban
A.Pilihan Ganda
1. B
2. B
3. C
4. A
5. B
6. A
7. B
8. B
9. A
10. A
11. B
12. C
13. A
14. C
15. B
16. A
17. B
18. B
19. C
20. A
21. A
22. B
23. A
24. A
25. C
26. B
27. A
28. C
29. A
30. A
31. B
32. A
33. C
34. A
35. B
B. Isian Singkat
1. Menghargai dan menghormati perbedaan
2. Jakarta
3. Keanekaragaman
4. Suku bangsa
5. Persatuan dan kesatuan
6. Dua
7. 4
8. 2
9. Bintang
10. Bhineka Tunggal Ika
C. Esai
1 Ciri-ciri orang yang disiplin adalah sebagai berikut :
a. Bekerja tepat waktu
b. Tidak suka berangkat terlambat
c. Memulai perkejaan sesuai jadwal
d. Mematuhi peraturan
e. Tidak suka melanggar aturan
f. Tidak suka berbuat onar
g. Peduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain
2. Sikap-sikap yang baik dalam musyawarah adalah sebabagi berikut :
a. Menghormati orang lain
b. Menghargai orang yang berbicara
c. Tidak memaksakan kepentingan pribadi
d, Menerima hasil keputusan musayawarah
e. Berbicara dengan sopan
3. Manfaat bekerja keras adalah sebagai berikut :
a. Mendapatkan hasil yang lebih memuaskan
b. Pekerjaan lebih mudah berhasil
c. Menumbuhkan semangat bekerja
d. Lebih semangat meraih kesuksesan
e. Tidak mudah berputus asa
4. Sikap di sekolah yang mencerminkan kedisiplinan adalah sebagai berikut :
a. Berangkat sekolah tepat waktu
b. Pulang sekolah tepat waktu
c. Memakai seragam sesuai aturan
d. Membawa buku-buku sesuai jadwal
e. Mematuhi peraturan sekolahi
5. Pengertian musyawarah adalah membicarakan suatu hal secara bersama-sama untuk mendapatkan keputusan yang terbaik untuk semuanya.
===============
Baca Juga :
- Lengkap: Asesmen Sumatif SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Soal Sumatif Akhir Tahun PKN Kelas 2