Selamat datang dalam latihan soal Informatika untuk siswa kelas 9, yang meliputi materi dari Bab 7 Algoritma dan Pemrograman Semester 2 Kurikulum Merdeka. Materi ini merupakan bagian penting dalam pembelajaran informatika, yang memperkenalkan konsep dasar tentang algoritma, pemrograman, serta penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam Bab 7 ini, siswa akan belajar tentang berbagai konsep penting seperti modularisasi program, literasi numerik, konverter sistem bilangan, serta penerapan algoritma dalam pemrograman. Latihan soal ini dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi tersebut dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi evaluasi lebih lanjut. Dengan menjawab soal-soal ini, diharapkan siswa dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah, pemikiran logis, serta keterampilan pemrograman dasar. Baca Juga : Latihan Soal Informatika Kelas 9 Bab 8 Dampak Sosial Informatika Semester 2 Kurikulum Merdeka
Latihan Soal Informatika Kelas 9 Bab 7 Algoritma dan Pemrograman Semester 2 Kurikulum Merdeka
Berikut adalah 30 soal pilihan ganda dan kunci jawaban untuk siswa SMP berdasarkan materi Bab 7 Algoritma dan Pemrograman:
A. Scratch vs Blockly
1. Mana yang bukan merupakan alat pemrograman visual?
a. Scratch
b. Blockly
c. Python
d. App Inventor
2. Scratch dikembangkan oleh siapa?
a. MIT Media Lab
b. Google
c. Microsoft
d. Apple
3. Blockly mirip dengan Scratch dalam hal apa?
a. Keduanya adalah bahasa pemrograman teks
b. Keduanya adalah bahasa pemrograman visual
c. Keduanya hanya digunakan oleh programmer profesional
d. Keduanya hanya bisa dijalankan secara offline
B. Literasi Numerik
4. Apa yang dimaksud dengan literasi numerik?
a. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka dalam konteks kehidupan sehari-hari
b. Kemampuan untuk membaca novel
c. Kemampuan untuk menulis puisi
d. Kemampuan untuk membuat kalkulator
5. Apa yang dimaksud dengan pecahan dalam matematika?
a. Bilangan bulat positif atau negatif
b. Bilangan bulat positif saja
c. Bilangan dengan desimal
d. Bilangan yang dapat ditulis dalam bentuk a/b, dimana a dan b adalah bilangan bulat
6. 0,75 dapat ditulis dalam bentuk pecahan sebagai?
a. 3/4
b. 1/2
c. 2/3
d. 4/5
C. Modularisasi Program
7. Apa yang dimaksud dengan modularisasi program?
a. Proses membuat program tanpa menggunakan modul
b. Proses membagi program menjadi bagian-bagian kecil yang terpisah
c. Proses menggabungkan beberapa program menjadi satu program besar
d. Proses mengubah program menjadi program visual
8. Manfaat utama dari modularisasi program adalah?
a. Meningkatkan kerumitan program
b. Meningkatkan kinerja program
c. Memudahkan dalam pemeliharaan dan pengembangan program
d. Mengurangi jumlah baris kode program
9. Bagian kecil dari program yang memiliki tugas spesifik disebut?
a. Modul
b. Variabel
c. Konstanta
d. Fungsi
D. Modularisasi Program (2)
10. Apa yang dimaksud dengan fungsi dalam pemrograman?
a. Serangkaian instruksi yang dieksekusi ketika fungsi tersebut dipanggil
b. Bagian dari program yang memiliki tugas spesifik
c. Cara membagi program menjadi bagian-bagian yang lebih kecil
d. Bagian program yang dapat digunakan kembali
11. Keyword yang digunakan untuk mendefinisikan fungsi di Python adalah?
a. def
b. function
c. define
d. fungsi
12. Manfaat menggunakan fungsi dalam pemrograman adalah?
a. Mengurangi kebutuhan akan komentar
b. Meningkatkan kompleksitas program
c. Mempermudah pemecahan masalah menjadi bagian-bagian kecil
d. Mengurangi jumlah baris kode program
E. Literasi Sains
13. Apa yang dimaksud dengan literasi sains?
a. Kemampuan untuk membaca novel fiksi ilmiah
b. Kemampuan untuk memahami dan menggunakan ilmu pengetahuan dalam konteks kehidupan sehari-hari
c. Kemampuan untuk menulis esai
d. Kemampuan untuk membuat reaksi kimia
14. Bagaimana cara menguji hipotesis dalam metode ilmiah?
a. Dengan membuat asumsi yang tidak didukung oleh bukti
b. Dengan melakukan eksperimen dan mengumpulkan data
c. Dengan hanya mengandalkan intuisi
d. Dengan mendengarkan pendapat orang lain
15. Apa tujuan dari eksperimen dalam metode ilmiah?
a. Membuktikan bahwa hipotesis kita benar
b. Membuat orang lain percaya pada pendapat kita
c. Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis
d. Membuat teori yang tidak bisa dibantah
F. Konverter Sistem Bilangan
16. Sistem bilangan yang menggunakan angka 0-9 dan huruf A-F disebut?
a. Sistem Desimal
b. Sistem Oktal
c. Sistem Heksadesimal
d. Sistem Biner
17. Berapakah nilai desimal dari bilangan heksadesimal 2A?
a. 42
b. 45
c. 50
d. 52
18. Berapakah nilai heksadesimal dari bilangan desimal 63?
a. 3F
b. 27
c. 4D
d. 3E
G. Penambahan Parity Bit pada Sistem Bilangan Biner
19. Apa fungsi dari parity bit dalam sistem bilangan biner?
a. Memastikan bahwa pesan yang dikirim tidak terenkripsi
b. Memastikan bahwa pesan yang dikirim memiliki jumlah digit yang benar
c. Mempercepat proses pengiriman data
d. Mengurangi jumlah bit yang digunakan untuk menyimpan data
20. Berapakah jumlah bit yang diperlukan untuk menyimpan sebuah karakter ASCII dengan menggunakan paritas even?
a. 8
b. 7
c. 6
d. 9
21. Parity bit even akan diatur menjadi 1 jika jumlah bit 1 dalam byte data adalah?
a. Genap
b. Ganjil
c. Nol
d. Tiga
H. Wrap Up Konverter Bilangan
22. Konversi dari sistem bilangan biner ke sistem bilangan heksadesimal akan menghasilkan berapa digit heksadesimal?
a. 2
b. 4
c. 6
d. 8
23. Berapakah nilai biner dari bilangan heksadesimal 3D?
a. 11101
b. 11110
c. 11010
d. 11011
24. Berapakah nilai heksadesimal dari bilangan biner 1011101?
a. 4D
b. 5A
c. 5D
d. 7A
Kunci Jawaban:
1. a
2. a
3. b
4. a
5. d
6. a
7. b
8. c
9. a
10. a
11. a
12. d
13. b
14. b
15. c
16. c
17. a
18. a
19. b
20. a
21. a
22. b
23. d
24. c