Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 8 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 8 IPS ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 8 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran IPS.
Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 IPS ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 8 secara menyeluruh terhadap materi IPS yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 8 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.
Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT IPS Kelas 8 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru IPS dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 8 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.
Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Unduh Soal SAT IPS Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : IPS Kelas 8
Contoh Soal PAT IPS Terpadu Kelas 8 Semester 2 dan Jawabannya
Pilihan Ganda
1. Berikut ini merupakan peran pelaku ekonomi dalam perekonomian :
(1) Sebagai konsumen
(2) Pengguna faktor produksi
(3) Sebagai penyedia faktor produksi
(4) Pelaku perdagangan internasional
Peran rumah tangga konsumen (RTK) ditunjukkan pada ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B
2. Pendapatan rumah tangga keluarga/rumah tangga konsumen (RTK) berupa balas jasa yang diterima karena telah meminjamkan sejumlah dana untuk modal usaha perusahaan dalam kegiatan produksi adalah....
A. Sewa (rent)
B. Upah (wage)
C. Bunga (interest)
D. Lada/keuntungan (profit)
Jawaban: C
3. Pernyataan yang paling tepat yang mengakibatkan munculnya aktivitas perdagangan adalah...
A. Adanya kelebihan devisa Negara
B. Adanya permintaan dan penawaran akan produk tertentu
C. Adanya masyarakat yang terkena penyakit busung lapar
D. Adanya kelebihan produksi barang dan jasa
Jawaban: B
4. Perhatikan konsep Ekonomi kelautan (marine economy) dan Ekonomi maritim (maritime economy) pada kegiatan ekonomi berikut!
(1) Kegiatan di pesisir, lautan serta darat yang menggunakan sumber daya alam
(2) Jasa-jasa lingkungan kelautan untuk menghasilkan barang dan jasa
(3) Transportasi laut, Industri galangan kapal dan perawatannya
(4) Pembangunan dan pengoperasian pelabuhan beserta industri dan jasa terkait
Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritim (maritime economy) ditunjukan pada ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: D
5. Perbedaan perdagangan antarpulau dengan perdagangan antar negara terletak pada ketat atau tidaknya regulasi. Hal yang terjadi pada perdagangan antar negara adalah ....
A. Regulasi ketat karena menyangkut kedaulatan bangsa
B. Regulasi longgar karena lebih mengutamakan keuntungan
C. Regulasi ketat sebagai upaya menekan impor
D. Regulasi longgar sebagai upaya meningkatkan ekspor
Jawaban: A
6. Berikut ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor dan faktor pendorong ekspor:
(1) Memberikan kemudahan kepada produsen barang ekspor
(2) Keadaan pasar luar negeri
(3) Menjaga kestabilan nilai tukar rupiah
(4) keuletan eksportir untuk menangkap peluang pasar
(5) Membuat perjanjian dagang internasional
(6) Kondisi sosial, ekonomi, politik suatu Negara
Kebijakan pemerintah untuk mendorong ekspor adalah ….
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (4), (5), dan (5)
Jawaban: B
7. Perdagangan antar daerah akan terjadi jika ada produk yang diperdagangkan. Hal yang menjadi tujuan perdagangan antar daerah adalah ….
A. Meningkatkan produktivitas
B. Memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat
C. Menyediakan alternatif alat pemuas kebutuhan
D. Memperoleh keuntungan dan memperluas jangkauan pasar
Jawaban: D
8. Strategi yang dilakukan pemerintah dalam upaya mengembangkan agrikultur di Indonesia dengan cara meningkatkan sistem budidaya di sektor pertanian yang ramah dan terintegrasi dengan kearifan lokal di setiap daerah adalah ….
A. Subsidi pupuk bagi petani
B. Ecofarming
C. Distribusi pupuk secara merata
D. Perbaikan irigasi
Jawaban: B
9. Pemerintah sebagai pembuat kebijakan telah mengusahakan beberapa hal terkait dengan alternatif pendistribusian pendapatan. Alat utama pemerintah dalam redistribusi pendapatan adalah……
A. Subsidi dan produksi
B. Pengenaan pajak dan konsumsi
C. Subsidi dan pengenaan pajak
D. Produksi dan konsumsi
Jawaban: C
10. Strategi pemenuhan kebutuhan dasar rakyat yang dilakukan pemerintah diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bantuan Tunai Bersyarat (BTB), merupakan aplikasi dari ….
A. Program pemberian jaminan akses kebutuhan dasar bagi rakyat bawah
B. Program kredit lunak dan penjaminan kredit berbasis kemitraan
C. Pengembangan usaha atau industri kecil
D. Program Corporate Social Responsibility (CSR)
Jawaban: A
11. Semangat untuk membangun kembali kejayaan bangsa Eropa dengan menaklukan bangsa-bangsa lain merupakan pendorong kedatangan bangsa Eropa dari faktor ….
A. Good
B. Gold
C. Gospel
D. Glory
Jawaban: D
12. Perhatikan fakta sejarah berikut ini!
(1) Mencetak uang dan Mengedarkan uang sendiri
(2) Kerja paksa
(3) Memonopoli perdagangan rempah-rempah
(4) Sistem sewa tanah (landrent-system)
Manakah fakta-fakta sejarah berikut ini yang merupakan Hak Oktroi VOC ?
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)
Jawaban: B
13. Pieter Both mendirikan pusat perdagangan VOC di Ambon, Maluku. Namun kemudian, pusat dagang dipindahkan ke Jayakarta (Jakarta). Hal yang menjadi alasan utama pemindahan tersebut adalah ….
A. Jawa lebih strategis sebagai lalu-lintas perdagangan
B. Jawa penduduknya lebih banyak
C. Jawa tanahnya lebih subur
D. Jawa penghasil rempah-rempah yang banyak dicari bangsa Eropa
Jawaban: A
14. Pada tahun 1870 keluar Undang-Undang Agraria (Agrarische Wet) yang mengatur tentang prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan yang menegaskan bahwa pihak swasta dapat menyewa tanah, baik tanah pemerintah maupun tanah penduduk. Pada tahun yang sama juga (1870) keluar Undang-undang Gula (Suiker Wet) yang berisi ….
A. Larangan mempekerjakan tenaga pribumi
B. Larangan mengangkut tebu keluar dari Indonesia.
C. prinsip-prinsip politik tanah di negeri jajahan
D. Larangan mempekerjakan tenaga asing
Jawaban: B
15. Pada tahun 1830, Johannes van den Bosch menerapkan sistem tanam paksa (cultuur stelsel). Kebijakan ini diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan akibat ?
A. Perang Diponegoro
B. Perang Paderi
C. Perang Aceh
D. Perang Banjar
Jawaban: A
Baca Juga :
- Lengkap: Asesmen Sumatif SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Soal Sumatif Akhir Tahun IPS Kelas 8