Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 8 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 8 PAI ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 8 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran PAI.
Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 PAI ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 8 secara menyeluruh terhadap materi PAI yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.
Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 8 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.
Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT PAI Kelas 8 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru PAI dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 8 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.
Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.
Unduh Soal SAT PAI Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka
- Semester 1 : Cek Disini
- Semester 2 : PAI Kelas 8
Contoh Soal PAT Agama Islam Kelas 8 dan Jawabannya
Berikut contoh soal PAT Agama Islam kelas 8 semester 2 dan kunci jawabannya. Jawaban benar untuk kategori soal pilihan ganda ditandai dengan cetak miring.
PILIHAN GANDA
1. Lam jalalah dibaca tafkhim apabila...
A. Lafaz Allah didahului harakat dhamma
B. Lafaz Allah didahului harakat Dhammatain
C. Lafaz Allah didahului harakat fathah
D. Lafaz Allah didahului harakat Fathatain
2. Ra dibaca tarqiq apabila...
A. Ra berharakat dhommah
B. Ra sukun didahului huruf berharakat fathah
C. Ra sukun didahului huruf berharakat dhomma
D. Ra berharakat yang didahului oleh ya sukun
3. Sueb memberi nasihat terhadap temannya agar meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. mengutus Rasul-Nya untuk menyampaikan wahyu dan petunjuk bagi umat manusia ke jalan yang lurus sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat nasihat Sueb tersebut termasuk pengertian dari...
A. Iman Kepada Allah
B. Iman kepada kitab
C. Iman kepada Malaikat
D. Iman kepada rasul
4. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Sebagai pemberi peringatan
2. Sebagai Pemberi hadiah
3. Sebagai Pembawa kabar gembira
4. Sebagai pembawa kabar hoax Tugas para rasul ditunjukan pada nomor...
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4
5. ‘Aradul Basyariyah merupakan sifat jaiz bagi rasul, maksudnya yaitu...
A. Sifat yang harus ada pada para nabi dan rasul
B. Sifat yang harus diketahui oleh para nabi dan rasul
C. Sifat dan perilaku sebagaimana kebiasaan manusia
D. Sifat dan adat istiadat manusia sesuai dengan tabiatnya
6. Dibawah ini yang termasuk sifat wajib dan mustahil bagi Rasul adalah...
A. Sidik dan Amanah
B. Fatonah dan Sidik
C. Amanah dan Tabligh
D. Tablig dan Kitman
7. Rasul yang memiliki keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dari Allah SWT., disebut...
A. Karomah
B. Ulul Albab
C. Ma’unah
D. Ulul Azmi
8. Allah Swt. memberikan mukjizat terhadap rasulnya diantaranya yaitu dapat melunakkan besi dan gunung gunung bertasbih kepadanya. Mukjizat tersebut diberikan terhadap Nabi...
A. Yusuf as
B. Dawud as
C. Syu’aeb as
D. Sulaiman as
9. Hikmah beriman kepada Rasul Allah adalah...
A. Meningkatkan keimanan kepada para sahabat
B. Meneladani sifat para Nabi seperti, Jujur dan Adil
C. Meningkatkan taraf kehidupan yang bermartabat
D. Meneladani sifat mustahil bagi rasul
10. Allah SWT. menyuruh kita untuk selalu beramal sholeh atau istilahnya berbuat baik terhadap semua makhluk Allah SWT., dimana amal kebaikan itu akan dicatat sebagai ibadah. Hal ini termasuk jenis amal sholeh terhadap...
A. Allah SWT
B. Lingkungan
C. Manusia
D. Tempat tinggal
11. Pada saat menjelang pemilihan ketua osis, setiap calon mengkampanyekan gagasan atau ide masing –masing, tapi sebagian siswa ada yang menanggapinya dengan sinis dan tidak percaya, akhirnya timbullah buruk sangka, dan mencari kesalahan kesalahan calon lain. Dalam ajaran islam sifat itu disebut suudzon yang harus kita jauhi. Lawan kata dari sifat suudhan (suuzon) adalah...
A. Dhanusuu’
B. Ghalabatu Dhan
C. Husnudhan
D. Ba’du dhan
12. Puasa wajib yang dimaksudkan dalam QS. Al Baqarah/2:183 adalah puasa yang…
A. Diwajibkan Allah untuk setiap manusia
B. Wajib dikerjakan oleh setiap mukalaf
C. Diwajibkan kepada orang yang dewasa
D. Diwajibkan bagi setiap orang yang beriman
13. Hukum islam menegaskan bahwa mengkonsumsi Khamar, baik sedikit maupun banyak hukumnya haram dan termasuk dosa besar, adapun dampak buruk meminum khamr adalah...
A. Tubuh semakin kuat
B. Menghangatkan tubuh
C. Daya ingat terganggu
D. Emosi menjadi stabil
14. Abdullah selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal, ia ga pernah meminum dan memakan yang haram sehingga manfaatnya terasa sekali bagi diri Abdullah, adapun manfaat yang didapat Abdullah yaitu...
A. Perut menjadi lebih kenyang
B. Tubuh menjadi lemah
C. Terjaga kesehatan jasmani dan rohani
D. Doanya tidak dikabulkan Allah SWT
15. Pemerintahan daulah Abbasiyah merupakan kelanjutan dari pemerintahan bani umayyah, kekuasaanya berlangsung cukup lama mulai dari tahun 750 M sampai dengan tahun 1258 M. Adapun pendiri daulah abbasiyah ini adalah...
A. Harun Ar-Rasyid
B. Abdullah Al-Saffah
C. Al Ma’mun
D. Al-Mansyur
ESSAY
1. Jelaskan maksud dari makanan yang Halalan Toyyiban sebagaimana dalam Q.S An-Nahl/16:114!
2. Sebutkan 5 Rasul yang mendapat gelar ulul azmi!
3. Jelaskan manfaat Husnuzan!
4. Terjemahkan hadis di bawah ini!
ةً َو ُم ْستَقْ ِن َما ِضيَةً ِ ُر َسنَتَْي يُ َكف َص
5. Jelaskan manfaat mempelajari sejarah pertumbuhan ilmu pada masa daulah abbasiyah untuk kehidupan sehari hari!
Jawaban
1. Makanan halal adalah makanan yang boleh dimakan menurut ketentuan syariat islam, sementara thayyib artinya baik, mengandung nutrisi, bergizi, dan menyehatkan. Adapun halalnya makanan dan minuman meliputi 3 kriteria:
- Halal dari segi wujudnya
- Halal dari cara mendapatkanya
- Halal dalam proses pengolahanya
- Nabi Nuh a.s
- Nabi Ibrahim a.s
- Nabi Musa a.s
- Nabi Isa a.s
- Nabi Muhammad saw
- Hidup menjadi tenang dan optimis
- Yakin bahwa terdapat hikmah dibalik segala penderitaan dan kegagalan
- Membentuk pribadi yang tangguh
- Menjadikan seorang yang kreatif
- Menyebabkan orang tidak mudah putus asa 6) Selalu senang dan bahagia atas kebahagiaan orang lain
5. Manfaat mempelajari pertumbuhan ilmu pada masa daulah abbasiyah adalah:
- Meningkatkan keimanan kepada Allah SWT
- Menumbuhkan semangat menuntut ilmu
- Membina rasa kesatuan dan persatuan umat islam dan kerukunan beragama
- Lengkap: Asesmen Sumatif SD Kelas 1,2,3,4,5 dan 6 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMP Kelas 7,8,9 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
- Lengkap: Asesmen Sumatif SMA Kelas 10, 11, 12 Kurikulum Merdeka Semester 1 dan 2
Baca Juga :
Soal Sumatif Akhir Tahun PAI Kelas 8