Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 8 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 8 Seni Budaya ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 8 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran Seni Budaya.

Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 Seni Budaya ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 8 secara menyeluruh terhadap materi Seni Budaya yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 8 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.

Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT Seni Budaya Kelas 8 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru Seni Budaya dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 8 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.

Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Unduh Soal SAT Seni Budaya Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Seni Budaya Kelas 8

 

Soal SAT Seni Budaya Kelas 8 Kurikulum Merdeka

1. Lagu daerah tradisional Minang didominasi dengan iringan musik ....

a. musik gambus
b. musik orgen
c. musik saluang dan rabab
d. musik piano

Kunci jawaban: C

2. Lagu Sipatokaan adalah lagu dari daerah ....

a. Kalimantan
b. Maluku
c. Irian Jaya
d. Sulawesi Selatan

Kunci jawaban: D

3. Lagu daerah dari Aceh adalah ....

a. Soleram
b. Banda Pulai
c. Bungong Jeumpa
d. Yangko Rambe Yamko

Kunci jawaban: C

4. Dalam bernyanyi nada tinggi, penyanyi menggunakan pernapasan ....

a. pernapasan perut
b. pernapasan dada
c. pernapasan diafragma
d. bahu bernapas

Kunci jawaban: B

5. Gerakan indah yang diciptakan dengan imajinasi melalui raga tubuh yang diiringi musik untuk pertunjukan dinamakan ....

a. tari
b. olahraga senam
c. akrobatik
d. pencak silat

Kunci jawaban: A

6. Bentuk obyek gambar yang sama bentuknya bagian atas dan bagian bawah atau bagian kiri dan bagian kanan dinamakan ....

a. simetris
b. asimetris
c. memusat
d. meminggir

Kunci jawaban: A

7. Yang dimaksud dengan proporsi adalah ....

a. Obyek atau model ditempatkan pada posisi dan ukuran yang berbeda
b. Perbandingan bagian per bagian atas bagian keseluruhan
c. Harmoni pengaturan obyek gambar
d. Gambar saling mendukung dan membuat gambar yang bagus

Kunci jawaban: B

8. Pensil yang berkode B menandakan pensil ....

a. lembut dan hitam
b. keras
c. adalah
d. sangat

Kunci jawaban: A

9. Keseimbangan obyek gambar pada bidang kertas gambar disebut ....

a. komposisi
b. ukuran
c. keseimbangan
d. satuan

Kunci jawaban: A

10. Susunan/letak obyek gambar pada bidang media gambar disebut ....

a. komposisi
b. ukuran
c. keseimbangan
d. satuan

Kunci jawaban: A

11. Obyek gambar yang bentuknya sama kiri dan kanan atau sama atas dan bawah adalah ....

a. komposisi asimetris
b. komposisi simetris
c. komposisi pusat
d. komposisi tidak teratur

Kunci jawaban: B

12. Dalam menggambar, yang dipersiapkan pertama kali adalah ....

a. model obyek gambar
b. buku bergambar
c. sebuah pensil
d. pewarna

Kunci jawaban: A

13. Langkah pertama dalam menggambar model adalah ....

a. amati obyek yang akan digambar
b. buat sketsa
c. menyesuaikan warna
d. menggelapkan cahaya

Kunci jawaban: A

14. Pensil dengan kode H menunjukkan pensil ....

a. lunak dan hitam
b. keras
c. aktif
d. sangat

Kunci jawaban: B

15. Gambar yang menggambarkan ide cerita atau narasi disebut ....

a. gambar ilustrasi
b. gambar bentuk
c. buat sketsa
d. gambar benda alami

Kunci jawaban: A

16. Gambar tokoh manusia dan hewan yang berisi cerita lucu dan menghibur adalah ....

a. ilustrasi sastra
b. gambar lucu
c. ilustrasi kartun
b. kartun ilustrasi

Kunci jawaban: C

17. Ilustrasi dari sebuah cerita yang menampilkan gambar disertai deskripsi singkat disebut ....

a. gambar
b. gambar kartun
c. komik
d. sketsa

Kunci jawaban: C

18. Gambar dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi dinamakan ....

a. komik
b. gambar kartun
c. sketsa
d. gambar

Kunci jawaban: A

19. Keunikan lagu Nusantara dapat dilihat dalam ....

a. Tema, melodi, syair, dan komposisi musik
b. Tema, puisi, waktu, dan suara
c. Tema, puisi, baris, komposisi, dan suara
d. Tema, bilah, musik, dan lagu

Kunci jawaban: A

20. Lagu-lagu yang tumbuh dan berkembang di daerah nusantara dinamakan ....

a. lagu daerah
b. lagu tradisional
c. lagu daerah nusantara
d. lagu tradisional nusantara

Kunci jawaban: A

21. Lagu yang sangat digemari oleh para remaja sekarang adalah ....

a. Lagu keroncong
b. Lagu seriosa
c. Lagu dangdut
d. Lagu populer

Kunci jawaban: D

22. Pernapasan yang baik dilakukan dalam bernyanyi adalah ....

a. pernapasan dada
b. pernapasan diafragma
c. pernapasan perut
d. bahu bernapas

Kunci jawaban: B

23. Gaya bernyanyi lagu daerah masyarakat Sunda dan Cianjur adalah ....

a. Mamaos atau Mamanca
b. Pasinden
c. Sindhenhen
d. Mamaos dan Sindhen

Kunci jawaban: A

24. Tembang yang dikenal jauh sebelum Indonesia merdeka dinamakan ....

a. pasindhen
b. mamaos
c. degung
d. momongan

Kunci jawaban: B

25. Kaum wanita yang terkenal sebagai penyanyi masyarakat Sunda adalah ....

a. Rd. Siti Nurbaya
b. Siti Nurmala
c. Siti Khadiyah
d. Rd. Siti Syarah

Kunci jawaban: D

26. Untuk menjaga suara seorang penyanyi tetap merdu dalam teknik vokal, perlu diperhatikan ....

a. Makanan dan minuman
b. Tubuh dan olahraga
c. Bunyi dan irama
d. Ritme dan lagu

Kunci jawaban: A

27. Sistem pembelajaran untuk menjadi penyanyi tradisional dilakukan dengan ....

a. sound system
b. diatomeen system
c. sistem magang
d. sistem pentatonik

Kunci jawaban: C

28. Pesindhen atau sindhen mempunyai gaya dalam bernyanyi dalam bentuk ....

a. bangun dan pergi
b. duduk di kursi di atas rumah
c. pergi
d. duduk bersila di belakang dalang

Kunci jawaban: D

29. Bernyanyi satu suara yang dilakukan oleh kelompok dinamakan ....

a. unisono
b. trio
c. solo
d. paduan suara

Kunci jawaban: A

30. Yang bukan merupakan ciri-ciri lagu daerah adalah ....

a. lirik sederhana
b. teks bersifat regional
c. lagu diturunkan dari generasi ke generasi
d. sang pencipta dikenal

Kunci jawaban: C


Baca Juga :

 

Soal Sumatif Akhir Tahun Seni Budaya Kelas 8

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS