Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Saat akhir tahun pelajaran tiba, siswa-siswa Kelas 8 di sekolah biasanya dihadapkan pada penilaian penting yang menentukan seberapa jauh mereka telah berkembang sepanjang tahun tersebut. Soal Penilaian Akhir Tahun (PAT) Kelas 8 Informatika ini merupakan puncak dari serangkaian evaluasi yang telah dilakukan selama periode pembelajaran. Dengan Kurikulum Merdeka yang berlaku, soal-soal ini dirancang untuk mencakup semua materi Kelas 8 yang telah dipelajari sepanjang tahun, memberikan gambaran yang menyeluruh tentang pemahaman siswa terhadap pelajaran Informatika.

Salah satu bentuk penilaian akhir tahun yang umum adalah soal sumatif. Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) Kelas 8 Informatika ini mencakup materi-materi yang telah dipelajari dari awal hingga akhir tahun ajaran. Bentuknya bisa beragam, mulai dari pilihan ganda hingga soal esai, yang bertujuan untuk mengukur pemahaman siswa Kelas 8 secara menyeluruh terhadap materi Informatika yang disampaikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Selain itu, ada juga Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Kelas 8 yang menjadi sorotan bagi banyak siswa. Ujian ini memiliki peran penting dalam menentukan apakah seorang siswa akan naik ke kelas berikutnya atau harus mengulang tahun ajaran tersebut. Soal-soal ujian kenaikan kelas biasanya lebih fokus pada materi-materi yang dianggap krusial untuk dipahami siswa sebelum melangkah ke tingkat berikutnya.

Tidak hanya sebagai alat evaluasi kemajuan siswa, Soal SAT Informatika Kelas 8 ini juga menjadi momen penting bagi para pendidik untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan sepanjang tahun. Dari hasil penilaian ini, guru Informatika dapat mengevaluasi keberhasilan mereka dalam mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada siswa Kelas 8 serta menyesuaikan pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di masa mendatang.

Dalam setiap bentuk penilaian akhir tahun, tujuan utamanya adalah untuk mengukur pencapaian siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu mereka berkembang lebih lanjut di masa depan. Meskipun prosesnya kadang-kadang menegangkan, namun penilaian ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pendidikan yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara komprehensif untuk menghadapi tantangan di masa depan.

Unduh Soal SAT Informatika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum Merdeka

  • Semester 1 : Cek Disini
  • Semester 2 : Informatika Kelas 8

 

Soal SAT Informatika Kelas 8 Kurikulum Merdeka


Pilihlah huruf A, B, C atau D sebagai jawaban yang paling benar!

1. Bentuk usaha untuk menimbulkan kerusakan, kehancuran data, dan gangguan jaringan komputer disebut ……

a. Hacking

b. Phising

c. Carding

d. Sabotase

Kunci Jawaban : A. Hacking


2. Merupakan muatan ilegal yang berupa data atau informasi tidak benar dan tidak sesuai dengan norma yang dimasukkan oleh pelaku kejahatan diistilahkan dengan ……

a. Unauthorized access

b. Sabotase

c. Illegal contents

d. Defacing

Kunci Jawaban : D. Defacing


3. Perkembangan TIK pada mulanya ditandai dengan adanya surat kabar, radio dan televisi yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau berita yang bersifat …..

a. Searah

b. Sejarah

c. Sependapat

d. Sepakat

Kunci Jawaban : A. Searah


4. Tindakan kriminal yang memanfaatkan internet untuk menjalankan aksinya dan sering disebut dengan kejahatan dunia maya adalah …..

a. Cyber crime

b. Phising

c. Illegal Contents

d. Spamming

Kunci Jawaban : A. Cyber crime


5. Aktifitas mengirimkan pesan kepada orang lain menggunakan surat elektronik secara terus menerus dan jumlah yang banyak tanpa dikehendaki oleh penerimanya dinamakan ….

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing

Kunci Jawaban : B. Spamming


6. Merupakan kegiatan mengubah tampilan website atau situs tertentu yang dikehendaki dengan memanfaatkan kelemahan sistem keamanan pada website tersebut dan merugikan pemiliknya dinamakan …..

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing

Kunci Jawaban : D. Defacing


7. Istilah kejahatan seputar penggunaan kartu kredit yang menggunakan identitas kartu kredit orang lain untuk kepentingan pribadi dinamakan …..

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing

Kunci Jawaban : C. Carding


8. Istilah kejahatan yang dilakukan dengan cara mengecoh korban sehingga memberikan data ke dalam situs yang telah disiapkan oleh pelaku kejahatan dinamakan ……

a. Phising

b. Spamming

c. Carding

d. Defacing

Kunci Jawaban : A. Phising


9. Perkembangan TIK menjadikan pembelajaran dapat dilakukan secara online, dalam hal ini peserta pembelajaran tidak perlu melalui tatap muka untuk menerima penyampaian materi ajar. Pernyataan tersebut merupakan damapak positif dari perkembangan TIK di bidang ……

a. Pendidikan

b. Ekonomi

c. Sosial

d. Politik

Kunci Jawaban : A. Pendidikan


10. Berikut ini merupakan salah satu kejahatan dunia maya adalah …..

a. Quick Count

b. Cyber Squatting

c. Online

d. E-Learning

Kunci Jawaban : B. Cyber Squatting


11. Salah satu manfaat copyright adalah …….

a. Menjamin hak si pembuat benda

b. Menjamin kewajiban si pembuat benda

c. Memberikan sanksi kepada si pembuat benda

d. Memberikan kode etik pembuatan benda

Kunci Jawaban : A. Menjamin hak si pembuat benda


12. Software atau perangkat lunak yang bebas kita gunakan adalah software berkatagori ….

a. Clouse source

b. Clouse mind

c. Open source

d. Pasca bayar

Kunci Jawaban : C. Open source


13. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bisang ekonomi khususnya perbankan adalah tersedianya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diberbagai tempat. Keuntungan dari penggunaan mesin ATM ini adalah ……

a. Hanya dapat digunakan pada waktu tertentu

b. Bisa digunakan untuk mengetahui informasi sehari-hari

c. Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.

d. Digunakan untuk memasukkan KTP ke dalam mesin.

Kunci Jawaban : C. Dapat digunakan untuk mengambil uang tunai dan melakukan transfer uang tanpa harus ke bank.


14. Sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, forum dan dunia virtual, adalah pengertian dari …..

a. Media online

b. Media internet

c. Media komunikasi

d. Media Sosial

Kunci Jawaban : D. Media Sosial


15. Di bawah ini yang bukan bentuk media sosial adalah ……

a. Blog

b. My Space

c. Linkedin

d. Java

Kunci Jawaban : D. Java


16. Website mengijinkan usernya untuk mengubah, menambah, ataupun me remove konten-konten yang ada di website. Website yang dimaksud adalah …..

a. You tube

b. Wikipedia

c. My Space

d. Linkedin

Kunci Jawaban : B. Wikipedia


17. Para user dari pengguna website ini saling share konten-konten video, website yang dimaksud adalah ….

a. Youtube

b. Wikipedia

c. Linkedin

d. My Space

Kunci Jawaban : A. Youtube


18. Salah satu fasilitas atau aplikasi internet yang memungkinkan untuk mengirim pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat adalah …..

a. Surat kabar

b. Youtube

c. Email

d. PT POS

Kunci Jawaban : C. Email


19. Berikut ini yang bukan cara pemasaran melalui media sosial dan jejaring sosial adalah ….

a. Memperbanyak teman

b. Membuat konten yang unik

c. Menentukan sasaran pasar

d. Memasang iklan

Kunci Jawaban : C. Menentukan sasaran pasar


20. Berikut ini yang bukan manfaat penggunaan video marketing dalam pemasaran online …..

a. Lebih dikenal oleh banyak orang

b. Dapat membangun trending topik

c. Untuk membangun sebuah relasi bisnis

d. Sebagai sarana edukasi dan informasi

Kunci Jawaban : B. Dapat membangun trending topik

Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka

21. Istilah berpikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika) adalah …..

a. Computational Thinking

b. Computational Technic

c. Technic Computational

d. Computer Thinking

Kunci Jawaban : A. Computational Thinking


22. Istilah pendekatan yang memecahkan masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil sehingga lebih muddah dikelola dan dipahami adalah ……

a. Perencanaan algoritma

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Dekomposisi

Kunci Jawaban : D. Dekomposisi


23. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut mencari kesamaan masalah, solusi menjadi sederhana, dan masalah mudah dipecahkan. Pernyataan tersebut termasuk teknik …..

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Perancangan algoritma

Kunci Jawaban : C. Pengenalan pola


24. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan menjadi kunci dalam berpikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik ….

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Perancangan algoritma

Kunci Jawaban : B. Abstraksi


25. Proses mengembangkan solusi langkah-langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap permasalahan yang ada disebut dengan……

a. Dekomposisi

b. Abstraksi

c. Pengenalan pola

d. Algoritma

Kunci Jawaban : D. Algoritma


26. Berikut ini yang merupakan proses dekomposisi adalah ……

a. Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh

b. Dokter memberikan resep obat kepada pasien

c. Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya

d. Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien.

Kunci Jawaban : C. Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang dideritapasien kepada keluarganya


27. Tindakan berikut yang dikategorikan sebagai proses pengenalanpola adalah …..

a. Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya

b. Pelatih tim bola voli sedang memberikan instruksi kepada pemain cadangan

c. Ilmuwan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik

d. BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca sunami.

Kunci Jawaban : A. Tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya


28. Berikut ini yang berhubungan dengan abstraksi adalah ……

a. Mencari kesamaan dengan bentuk benda

b. Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian

c. Fokus pada informasi yang penting

d. Menyusun langkah yang efesien

Kunci Jawaban : B. Memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian


29. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada pemain, apa saja yang harus dilakukan terhadap pemain lawan. Kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. Hal tersebut dapat dikategorikan sebagai proses ……

a. Dekomposisi

b. Pengenalan pola

c. Algoritma

d. Abstraksi

Kunci Jawaban : A. Dekomposisi


30. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. Tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai proses …..

a. Dekomposisi

b. Algoritma

c. Pengenalan pola

d. Abstraksi

Kunci Jawaban : C. Pengenalan pola

Soal Sumatif Akhir Tahun (SAT) PAI Kelas 8 Kurikulum Merdeka

31. Berikut yang tidak dikategorikan hasil dari proses algoritma adalah …..

a. Tutorial make up

b. Resep makanan

c. Lembaran panduan merakit PC

d. Resep obat dokter

Kunci Jawaban : A. Tutorial make up


32. Istilah computasional thinking pertama kali diperkenalkan oleh …..

a. Donald Trumph

b. Bill Gates

c. Licklider

d. Seymour Papert

Kunci Jawaban : D. Seymour Papert


33. Istilah computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun ……

a. 1980

b. 1990

c. 2000

d. 2010

Kunci Jawaban : A. 1980


34. Dalam pendidikan, berpikir komputasional dikenal istilah STEM, apakah kepanjangan dari STEM …..

a. Science, Technology, Electronic, dan Mathematic

b. Science, Technology, Engineering, dan Mathematic

c. Science, Technology, Engineering, dan Method

d. Schoology, Technology, Engineering, dan Method

Kunci Jawaban : B. Science, Technology, Engineering, dan Mathematic


35. Perhatikan contoh komputasional thinking dalam kehidupan berikut ini !

“Sepeda motor saat dikendarai terdengar bunyi suara bising pada bagian belakang, semakin cepat kendaraan bergerak semakin keras suara terdengar.”

Berikut yang tidak termasuk cara menyelesaikan masalah tersebut dengan teknik dekomposisi adalah …

a. Bagian mana dari sepeda motor yang bergerak dan menjadi sumber bunyi

b. Bagaimana cara memeriksa dan menetukan sumber bunyi

c. Bagaimana cara melakukan perbaikan

d. Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor

Kunci Jawaban : D. Petunjuk langkah perbaikan sepeda motor


36. Prosedur langkah-langkah instruksi untuk melakukan perhitungan, pemrosesan data, dan penalaran yang ditulis secara berurutan disebut dengan …..

a. Flowchart

b. Algoritma

c. Diagram

d. Stop

Kunci Jawaban : B. Algoritma


37. Saat pelajaran informatika, siswa kelas 8 mendapatkan tugas membuat program komputer sederhana. Proses pembuatan algoritma untuk program komputer tersebut dilakukan pada saat …..

a. Sebelum pembuatan program

b. Pembuatan program

c. Program dijalankan

d. Pengujian program

Kunci Jawaban : A. Sebelum pembuatan program


38. Dalam penyajian algoritma terdiri dari dua macam bentuk yaitu tulisan atau bahasa dan gambar (pseudocode dan flowchart). Pseudocode yang digunakan pada penulisan algoritma berupa …..

a. Bahasa inggris

b. Bahasa indonesia

c. Bahasa komputer

d. Bahasa pemrograman

Kunci Jawaban : D. Bahasa pemrograman


39. Diagram alur yaitu sebuah urutan proses tertentu pada algoritma yang disajikan dengan simbol-simbol tertentu dalam bentuk diagram …….

a. Pseudocode

b. Program

c. Flowchart

d. Sketsa

Kunci Jawaban : C. Flowchart


40. Diberikan algoritma, apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam maka warna jadi …..

a. Merah

b. Ungu

c. Hijau

d. Putih

Kunci Jawaban : B. Ungu


Baca Juga :

 

Soal Sumatif Akhir Tahun Informatika Kelas 8

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS