Data Pokok SMAN 1 MENGGALA

Selamat datang di profil SMAN 1 MENGGALA, sebuah lembaga pendidikan yang bertekad membentuk generasi penerus yang tangguh, terampil, dan berjiwa pemimpin. Sejak berdiri SMAN 1 MENGGALA telah menjadi pijakan yang kokoh bagi perjalanan pendidikan yang berarti bagi ribuan siswa di Kec. Menggala. Kami percaya bahwa setiap anak memiliki potensi yang unik dan layak untuk ditemukan, dihargai, dan diperkembangkan.



 

 Visi dan Misi SMA Negeri 1 Menggala

a.       Visi Sekolah
  1. Setiap warga sekolah taat menjalankan ajaran agamanya.
  2. Tenaga kependidikan melaksanakan tugas secara profesional.
  3. Penggunaan sarana/prasarana secara optimal.
  4. Nilai ujian akhir nasional meningkat secara bertahap.
  5. Terjalinnya kerjasama yang nyata antara sekolah dengan orangtua siswa dalam pembinaan siswa.

b.      Misi Sekolah
  1. Menjadikan masyarakat sekolah beriman dan bertaqwa.
  2. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan maupun non kependidikan.
  3. Memanfaatkan sarana/prasarana secara optimal.
  4. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran.
  5. Meningkatkan peranserta orang tua dan masyarakat dalam pendidikan

 

Profil SMAN 1 MENGGALA :

NPSN : 10809290

Status : Negeri

Bentuk Pendidikan : SMA

Status Kepemilikan : Pemerintah Pusat

SK Pendirian Sekolah : 0298/0/1982

Tanggal SK Pendirian : 1982-10-09

SK Izin Operasional : 0298/0/1982

Tanggal SK Izin Operasional : 1982-10-09

 

Data Rinci SMAN 1 MENGGALA :

Status BOS : Bersedia Menerima

Waku Penyelenggaraan : Sehari penuh (5 h/m)

Sertifikasi ISO : Belum Bersertifikat

Sumber Listrik : PLN

Daya Listrik : 26000

Kecepatan Internet : 300 Mb

 

Kontak SMAN 1 MENGGALA:

Alamat : JL. CENDANA NO.5

RT / RW : 1 / 3

Dusun : Gunung Sakti

Desa / Kelurahan : Menggala Selatan

Kecamatan : Kec. Menggala

Kabupaten : Kab. Tulang Bawang

Provinsi : Prov. Lampung

Kode Pos : 34596

Lintang : -4

Bujur : 105


Sejarah Singkat Berdirinya SMA Negeri 1 Menggala

Berdirinya SMA Negeri 1 Menggala berawal dari beridrinya SMA Persiapan Negeri Menggala pada tahun 1979/1980 oleh Yayasan Pendidikan Tulang Bawang. Yayasan Pendidikan Tulang Bawang merupakan wadah aspirasi masyarakat Menggala yang sejak lama mendambakan adanya SMA Negeri di Mengala.

Pada tahun pertama, tahun pelajaran 1979/1980 SMA Persiapan Negeri Menggala menerima siswa sebanyak 46 orang yang dibagi menjadi 2 kelas, dibawah pimpinan Bapak Nazar Adam dengan dibantu oleh 12 orang tenaga pengajar dan 1 orang tata usaha.

Atas izin Kepala Kandepdikbud. Kec. Menggala diperkenankan menempati gedung SD Negeri 12 yang terletak di Jalan Raya Mangga Besar yang sekarang merupakan desa Gunung Sakti, sehingga kegiatan belajar mengajar dilaksanakan pada siang hari. Keadaan sekolah pada mulanya berjalan dengan penuh hambatan, terutama menyangkut masalah tenaga pengajar, sarana dan prasarana, kuangan dan lain-lain yang tidak memadai.  Namun dengan tekad dan pengabdian yang tinggi dari pengelola-pengelolanya, proses pendidikan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Pada tahun ke-dua tahun ajaran 1980/1981, terjadi pergantian pimpinan yang dialihkan kepada Kepala Sekolah yang ke-dua Bapak Hasan R.A.  Tahun Ajaran 1980/1981 jumlah siswa bertambah menjadi 186 orang.  Pada tahun ajaran 1981/1982 untuk pertama kalinya SMA Persiapan Negeri Menggala mengikuti ujian akhir untuk siswa kelas III yang dilaksanakan di Kotabumi.

Pada tahun ajaran 1982/1983 SMA Persiapan Negeri Menggala menjadi SMA Negeri Menggala, dan pada tahun 1983 Kepala Sekolah digantikan oleh Bapak Anwari Jamaludin, B.A.  Dengan demikian pada tahun ajaran 1982/1983 penerimaan siswa baru sudah merupakan siswa SMA Negeri Menggala, dan SMA Persiapan Negeri Menggala terakhir meluluskan siswanya pada tahun ajaran 1983/1984.

SMA Negeri 1 Menggala sudah mengalami 6 kali pergantian Kepala Sekolah, yaitu dari Bapak Anwari Jamaludin, B.A. pada tahun 1987 digantikan oleh Bapak Drs. M. Nasir Husin.  Pada tahun 1990 dari Bapak Drs. M. Nasir Husin digantikan oleh Bapak Drs. Junaidi Zain.  Kemudian pada tahun 1993 dari Bapak Drs, Junaidi Zain diganti oleh Bapak Drs. Hatta Sabroni sampai dengan bulan Oktober 2001.  Tahun 2001 Sampai Desember 2010 Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang menunjuk Kepala Sekolah yang baru yang merupakan peralihan dari Kepala SLTP Negeri 1 Menggala yaitu Ibu Dra. Hj. Desnawati. Tahun 2010 sampai Februari 2015 Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang menunjuk Kepala Sekolah yang baru yang merupakan Guru  SMA Negeri 1 Menggala yaitu Bapak Drs. F u a d.

Sejak Tanggal 16 Februari 2015 Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang menunjuk Plt. Kepala Sekolah yang baru yang merupakan Guru  SMA Negeri 1 Menggala yaitu Bapak Utomo Dalsuswanto, S.Pd sampai sekarang


Profil SMAN 1 MENGGALA ini bukan hanya sekadar rangkuman informasi, tetapi juga cerminan dari semangat, dedikasi, dan pencapaian yang telah kita raih bersama. Di SMAN 1 MENGGALA, kita telah membentuk komunitas yang bersemangat dan inklusif, di mana setiap siswa, guru, staf, dan orang tua memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan prestasi sekolah ini.

Kami bersyukur atas dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak dalam membangun keberhasilan SMAN 1 MENGGALA selama ini. Dari prestasi akademis hingga keberhasilan dalam bidang ekstrakurikuler, kita telah membuktikan bahwa dengan kerja keras, kesabaran, dan kolaborasi, tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Blog ads

ADS